Berpengalaman, Darmin Nasution Diharapkan Dapat Pulihkan Ekonomi Bangsa

by -4 views

darminDarmin Nasution, Menko Perekonomian yang baru dilantik Presiden Joko Widodo bukanlah orang asing dalam dunia ekonomi. Ia pernah menduduki berbagai kursi penting di pemerintahan bidang perekonomian.

Sederet jabatan dari Dirjen Lembaga Keuangan, Dirjen Pajak, Gubernur BI hingga Menko Perekonomian pernah didudukinya. Terakhir jabatan sebagai Menko Perekonomian diembannya dalam masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2.

Pria kelahiran Tapanuli, 21 Desember 1948 ini pernah membuat kebijakan yang dikenal sebagai sunset policy saat menduduki jabatan sebagai Dirjen Pajak. Sunset policy merupakan penghapusan sanksi administrasi bagi wajib pajak yang diterapkan guna meningkatkan pendapatan negara pada tahun 2008 melalui tarif umum tanpa adanya denda dan pemeriksaan. Kebijakan ini diperpanjang hingga tahun 2009 dengan harapan agar dapat membantu penerimaan negara melalui pajak pada tahun 2009.

Darmin menyelesaikan pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi UI. Suami dari Salsia Ulfa Sahabi Manoppo ini melanjutkan S2 dan S3-nya di Universitas Sorbonne, Paris.

Penempatan Darmin sebagai Menko Perekonomian mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, salah satunya Wakil Ketua DPR Agus Hermanto. Agus yakin komposisi baru ini bisa memperbaiki kondisi perekonomian Indonesia yang sedang lemah.

“Bisa meningkatkan keadaan ekonomi yang sedang terpuruk ini,” ucap politikus Partai Demokrat ini, Rabu (13/8/2015).

(detik.com)