Kalender Idul Adha Muhammadiyah Berbeda, MUI: Kita Saling Pengertian

by -7 views

muiMuhammadiyah mengeluarkan maklumat terkait Idul Adha. Hari raya yang jatuh pada tanggal 10 Zulhijah ini, bertepatan dengan Rabu 23 September 2015 tahun masehi dan berbeda dengan kalender yang tepat Kamis 24 September.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang baru terpilih di musyawarah nasional (munas) ke-9 di Surabaya KH Ma’ruf Amin, meminta kelompok lain untuk tetap berkomitmen saling pengertian dan legowo.

“Kita (MUI) sudah sepakat dan mencari kesamaan-kesamaan. Tapi kalau itu misalnya tidak sama, ya kita sudah punya komitmen saling pengertian dan saling legowo,” kata KH Ma’ruf Amin usai penutupan Munas ke 9 MUI di Hotel Garden Palace, Surabaya, Kamis (27/8/2015).

Pada Munas ke 9, Sidang Komisi C Bidang Fatwa menyampaikan dua rekomendasi diantaranya terkait Pembahasan penentuan kriteria awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah

Komisi C merekomendasikan kepada pengurus baru untuk melakukan pengkajian bersama antara ulama dengan ilmuan di bidang astronomi dengan menggabungkan dua pendekatan fiqih dan saintifik dalam penyusunan kriteria penetapan awal ramadhan, syawal dan dzulhijjah sebagai pedoman Menteri Agama sebagaimana yang diamanatkan oleh ijtima ulama komisi fatwa se Indonesia Tahun 2003, dan rekomendasi fatwa Nomor 2 Tahun 2004, dengan juga melibatkan ulama-ulama daerah.

“Ya harus bisa memaklumi andai kata ada perbedaan. Tapi kita memang sedang mencari supaya ada penyamaan-penyamaan kedepannya sesui dengan komisi bidang fatwa,” tuturnya.

“Jadi ada amanat dari munas ini, agar kita mencari model-model perhitungan yang bisa menyamakan antara semua pihak,” tandasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, berdasarkan hasil hisab, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan maklumat dan menetapkan Idul Adha jatuh pada hari Rabu Kliwon 23 September 2015.

Waktu Idul Adha berdasarkan maklumat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/t.0/Et201 yang dikeluarkan pada 28 April 2015 ini berbeda dengan Idul Adha versi kalender yang bersumber pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2015. Adapun tanggal merah pada kalender, Idul Adha jatuh pada Kamis 24 September 2015.

(detik.com)