7 Hektare Lahan Hutan di Gunung Gede Terbakar

by -3 views

gn gedeSebanyak 7 hektare lahan hutan di Gunung Gede terbakar. Kebakaran tersebut terjadi di Alun-alun Suryakencana, tempat para pendaki beristirahat.
Api yang bermula dari blok Cangkil itu mula-mula diketahui hari Minggu (27/9) sekira pukul 10.00. Kondisi kering membuat api lekas merambat ke blok Cantigi yang jaraknya 1 kilometer.
Mendengar berita itu, 37 personel Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), relawan dan masyarakat diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan api. “Sore harinya sudah padam lagi,” ujar Kepala Balai TNGGP, Herry Subagiadi, Senin (28/9) di Cianjur.
Alun-alun Suryakancana merupakan salah satu puncak di Gunung Gede. Alun-alun tersebut berada berdekatan dengan kawah gunung. Untuk mencapai titik tersebut, biasa para pendaki memerlukan waktu delapan jam dari pintu utama taman nasional. Suryakencana masyhur sebagai padang eidelweiss atau tanaman bunga abadi. “Beruntung, tidak ada lahan edelweiss yang ikut terbakar karena api tertium ke atas, tidak ke samping,” ujar Herry.
Kebakaran sendiri diduga diakibatkan aktivitas manusia, padahal TNGGP masih ditutup dari pendakian sejak Agustus lalu. Menurut Herry, seringkali oknum pendaki nakal mendaki tanpa izin.
“Tadi pagi, kami kirimkan tim kedua. Mereka bertugas untuk memonitor api apakah sudah benar-benar padam atau belum. Tapi dari hasil laporan sudah padam semua. Tim berjumlah 40 orang, kini sedang menyelidiki penyebab kebakaran,” ujarnya.

(Tribunjabar)