Pangeran Arab Diduga Penyebab Tragedi Mina, Ini Komentar Kemlu

by -6 views

pangeranPemerintah Arab Saudi menganggap tragedi Mina di Jalan 204 akibat ketidakdisiplinan para jamaah.

Dirjen Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal mengataku tidak ingin berspekulasi terhadap penyebab kejadian yang menewaskan hingga 717 jamaah tersebut.

“Saya tidak ingin berspekulasi mengenai penyebab kejadian. Pemerintah Arab Saudi sedang melakukan investigasi hingga saat ini,” tegas Iqbal ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (25/9/2015).

Meski demikian, Iqbal tidak menampik bahwa saat ini Putra Raja Salman, sekaligus Wakil Putra Mahkota, Muhammad bin Salman bin Abdul Aziz tengah disorot di kancah perpolitikan timur tengah.

“Karena dia bukan crown prince pertama yang bukan dari anak Abdul Azis (tujuh bersaudara) melainkan dari generasi cucu,” imbuhnya.

Sebagai informasi, kantor berita Al-Diyar Lebanon memberitakan bahwa penyebab terjadinya tragedi Mina adalah rombongan Putra Raja Salman, sekaligus Wakil Putra Mahkota, Muhammad bin Salman bin Abdul Aziz.

Rombongan tersebut, yang dikawal 200 tentara dan 150 polisi, memerintahkan jemaah haji untuk pindah arah karena kehadiran sang putra raja.

“Bagi teman-teman yang mengamati politik di Timur Tengah pasti merasakan adanya nuansa politik di balik artikel tersebut karena pangeran Muhammad memang lagi disoroti,” tutupnya.

(Okezone)