Pemkab Garut Sulit Cegah Kebakaran di Gunung Papandayan

by -12 views

gunungBelum lama ini ada area hutan di Gunung Papandayan, Garut yang terbakar. Pemkab Garut mengaku kesulitan mencegah kebakaran yang menyebabkan jalur pendakian ditutup ini.

Gunung Papandayan cukup populer dibanding gunung lainnya di Kabupaten Garut. Ada sekitar 40 ribu traveler yang datang untuk mendaki gunung itu setiap bulannya. Namun sayangnya Gunung Papandayan kerap mengalami kebakaran.

“Memang di sana itu kalau musim kemarau, bebatuan menghasilkan api. Jadi kita sulit mencegah karena dari alam sendiri. Sekarang kita tutup,” ujar Bupati Garut Rudy Gunawan dalam acara Orientasi Jurnalis Pariwisata (OJP) di Kamojang Green Hotel and Resort, Garut, Jumat (18/9/2015) malam.

Lahan yang terbakar di Gunung Papandayan mencapai sekitar 100 hektar. Lantas, kapan jalur pendakian akan kembali dibuka? Pihak Pemkab Garut belum dapat memastikan.

Kadisbudpar Kabupaten Garut Mlenik Maumeriadi yang ikut hadir di OJP mengatakan penutupan jalur pendakian ini tidak menyeluruh. Hanya lokasi di dekat area kebakaran saja yang dilarang dilalui pendaki.

“Yang kebakaran ditutup, ada batasan tertentu untuk camping ground. Jadi wisata lain tetap berjalan,” ujar Mlenik.

(Detik)