Ada yang Seru di Subang Bulan Oktober Ini

by -13 views

subangSelama ini, Subang dikenal dengan destinasi air panasnya saja. Selain itu, ada juga Festival Wisata Bahari 2015 di bulan Oktober ini yang tak kalah seru.

Apakah nelayan atau petani, selalu ada waktu untuk panen yang kemudian disambung dengan upacara syukur. Seperti di kebanyakan kawasan pesisir, Subang juga punya upacara syukur yang dilakukan oleh para nelayan.

Ditengok dari rilis Pemkab Subang yang diterima detikTravel, Selasa (6/10/2015) kegiatan ini merupakan rasa syukur para nelayan kepada Tuhan. Dari uang yang dikumpulkan para nelayan, mereka membuat upacara Nadran. Tahun ini, upacaranya dibalut dalam acara Pesta Wisata Bahari 2015.

Cukup panjang, acara ini sudah mulai dari tanggal 1 Oktober kemarin dan puncaknya akan berlangsung pada tanggal 11 Oktober 2015 besok. Selama 12 hari tersebut, beragam kegiatan ramai dilakukan.

Mulai dari pawai perahu, melepas dongdang, pagelaran seni khas Pantura sampai panggung dangdut digelar di sini. Acara puncaknya dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2015.

Tepatnya di Pantai Blanakan yang bisa dibilang Ancol-nya Subang. Pada tanggal tersebut, akan diadakan upacara Nadran yang merupakan iring-iringan perahu meriah di perairan pantai.

Tak hanya beriringan, tapi juga ada kegiatan lain. Yaitu tradisi penyerahan kepala kerbau hitam ke laut sebagai simbol sesaji untuk laut. Setelah itu acara akan dilanjutkan dengan beragam kegiatan seru. Tertarik ke Subang?

(detik.com)