Pie Susu Pisang, Oleh-oleh dari Lampung yang Lagi Ngetren

by -14 views

Lampung sudah identik dengan buah tangan khas berupa keripik pisang. Tapi jika Anda berpikir hanya keripik pisang buah tangan yang bisa didapat di Lampung, Anda salah besar.

Pasalnya selain keripik pisang, ada satu lagi olahan kuliner berbahan dasar pisang yang kini menjadi buah tangan favorit. Penganan tersebut adalah pie susu pisang.

Memang pie bukanlah kuliner asli nusantara, namun di tangan ahlinya, penganan ini disulap dengan memunculkan kekhasan Lampung, yaitu pisang. Terbukti, sejak kemunculannya pie susu pisang langsung mendapat tempat di hati masyarakat Lampung dan wisatawan.
Adalah Yusi Asifaurini Akmal, pemilik Toko Roti dan Kue Yusi Akmal, yang memiliki ide kreatif menjadikan pie susu pisang sebagai buah tangan khas Lampung. Ia menuturkan, berlimpahnya pisang di Sai Bum Ruwa Jurai adalah salah satu alasan mengapa ia mencipta kuliner khas tersebut.

Lagipula ia menilai, sudah saatnya Lampung memiliki alternatif buah tangan khas di luar penganan yang telah ada.

“Lampung itu kan banyak pisang, aku pikir menarik untuk membuat satu oleh-oleh khas dari pisang yang bisa jadi ikon Lampung. Dan aku eksperimen sendiri langsung di dapur,” tutur dia.

Kini, perempuan yang memiliki Toko Roti dan Kue Yusi Akmal di Jalan Dahlia Rawa Laut dan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan ZA Pagar Alam boleh berbangga. Pie susu pisang mulai dikenal luas.

(kompas.com)