Kebon Sirih Timur “Surga” Pengrajin Jok Mobil

by -4 views

jok 1Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan interior mobil menjadi ciamik, adalah dengan sentuhan modifikasi.

Cara paking sederhana yakni dengan memberi sarung atau mengganti jok dengan motif jahitan menyesuaikan selera. Sekarang ini, sudah banyak bengkel atau pengrajin jok, khususnya di Jakarta.

Tertarik mengganti atau melakukan servis jok hingga mempercantik bagian interior lainnya? Anda bisa datang ke kawasan Kebon Sirih Timur, Jakarta Pusat. Sepanjang jalan itu, banyak pengrajin jok mobil yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam.

Dedi, salah satu pengrajin jok mobil menjelaskan, para penjual dan pembuat jok mobil di Kebon Sirih Timur ini ada sejak puluhan tahun lalu. Bahkan, dirinya pun mengaku sudah 30 tahun menggeluti usahanya ini.
jok 2

“Masing-masing tempat yang menjual jok berbeda-beda. Ibaratnya ada spesialisasinya sendiri, tapi ada juga yang satu toko jualannya sama,” ucap Dedi saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (12/11/2015).

Menurutnya, selain tempatnya yang melayani pembuatan jok, servis jok, hingga door trim, banyak juga pedagang lain menawarkan hal beda. Seperti khusus menjual jok racing, mengganti plafon hingga urusan interior mobil.

“Tempat ini sudah dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya mobil biasa yang datang, mobil mewah pun banyak yang mengganti jok atau memesan jok di sini (Kebon Sirih Timur),” kata Dedi.

Harga

Mengenai harga, Dedi menurutkan tergantung dari keinginan konsumen. Tapi, ia berani menjamin kalau banderolnya bersaing dengan tempat atau pusat penjualan/pengrajin jok mobil lainnya.

“Kalau servis saja murah, pokoknya dari harganya Rp 150.000 sampai jutaan. Harga yang jutaan itu mengganti jok yang bagus bahannya,” ujarnya.

(Kompas)