Harlah Ikmabo ke-40: “Ikmabo Mengaji” Khatamkan al-Qur’an

by -53 views

Usia 40 tahun merupakan usia menuju kematangan berpikir, bertindak dan bersikap. Begitulah Ikatan Mahasiswa Bogor Bandung Raya (Ikmabo – BR) yang pada hari Rabu (1/4) kamarin menginjak usia 40 tahun.

Di usia ke-40 tahun Ikmabo-BR memang boleh dikatakan sudah cukup matang dan mapan dalam sebuah organisasi. Tak sedikit tantangan dan ujian dihadapi Ikmabo-BR dengan baik sehingga eksistensi organisasi ini semakin hari semakin kokoh.

Ikmabo-BR merupakan organsiasi mahasiswa daerah asal Bogor yang kuliah di Bandung sejak lama hadir di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai peran aktif dan kontribusinya di masyarakat khususnya daerah Bogor Jawa Barat.

Hari ini, 01 April 2020 merupakan hari yang bertepatan dengan hari lahirnya (Harlah) Ikmabo pada tanggal 01 April 1980.

Tentu saja, Harlah Ikmabo ke-40 sekarang sangat jauh berbeda dengan harlah-harlah tahun sebelumnya, karena kondisi dunia termasuk Indonesia sedang digemparkan dengan wabah penyakit pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan kepada warga agar tetap di rumah upaya menghindari penyebaran Virus Corona.

Beberapa aktivitas warga yang bertugas di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta “dirumahkan”, tak terkecuali insan perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Kondisi itu dirasakan juga sejumlah mahasiswa asal Bogor yang berkuliah di tanah Parahiyangan (Bandung dan sekitarnya) yang tergabung dalam Ikmabo-BR.

Dalam rangka Harlah Ikmabo ke-40, tak luput segenap anggota dan pengurus Ikmabo turut mendo’akan kepada segenap bangsa Indonesia yang sedang menghadapi musibah dan ujian menghadapi virus pandemi Covid -19.

Selain mendo’akan, Ikmabo-BR juga menyelenggarakan program “Ikmabo Mengaji”, di rumah masing-masing¬† dengan mengkhatamkan al-Qur’an pada waktu bersamaan, tepatnya pukul 19.30 WIB., pada hari Rabu, (1/4) kemarin.

Meski kegiatan Khataman al-Qur’an dalam “Ikmabo Mengaji” dilakasanakan di rumah masing-masing, hal itu tak menyulutkan Ikmabo-BR untuk mendo’akan keselamatan bangsa Indonesia agar segera pulih dan mampu melewati masa-masa sulit di tengah musibah dan wabah Virus Corona (Covid-19) sekarang ini.

“Ikmabo Mengaji” yang dilaksanakan selepas Maghrib oleh anggota dan pengurus Ikmabo-BR di rumah masing-masing, merupakan kegiatan positif yang alangkah baiknya dilaksanakan juga oleh seluruh warga, dengan harapan bangsa Indonesia selamat, aman dan damai.