Beberapa Kecamatan di Bogor Barat Rawan Bencana Banjir dan Longsor

by -7 views
yani hasan kepala bpbd bogor

Kepala Badan Penanggulangan Ben­cana Bencana (BPBD) Kabupaten Bogor, Yani Hasan, minta masyarakat senantiasa waspada kepada cuaca. Terlebih cuaca baru-baru ini ini dengan intensitas curah hujan yang tinggi di kawasan Kabupaten Bogor.

Karena, musibah banjir dan longsor sering terjadi di beberapa kecamatan di kawasan Kabupaten Bogor. Lebih-lebih di kawasan barat, utara, dan timur. Karena, kawasan hal yang demikian terdapat aliran yang dilintasi sungai atau kali.

Daerah paling rawan itu yang pernah terjadi musibah. Seperti di aliran Sungai Cidurian yang tingkat sedimennya telah tinggi,” kata Yani Hasan dikala meninjau lokasi banjir di Jasinga, kemarin dikutip Jabarmedia.com.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Segera Kucurkan Dana Stimulan bagi Korban Tanah Amblas

Kecuali itu, komponen utara seperti di Kecamatan Parung panjang dan Rumpin juga rawan banjir. Walaupun di kawasan barat Kabupaten Bogor terdapat sebagian kecamatan, seperti Kecamatan Cigudeg, Nanggung, Sukajaya, dan Kecamatan Jasinga.

”Kawasan barat ada empat kecamatan yang rawan. Di antaranya, Cigudeg, Nanggung, Sukajaya, dan Jasinga,” jelas Yani.

Yani menuturkan, kecuali di barat dan utara, ada juga yang rawan banjir di timur Kabupaten Bogor. Seperti Gunung­putri dan Kecamatan Cileungsi.

Baca Juga:  Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengalokasikan anggaran penanggulangan bencana tahun 2012 sebesar Rp 70 miliar

Upaya dari BPBD akan konsisten mengoordinasi dengan instansi berkaitan dalam penanganan. ”Kecuali kan musim hujan, jadi yang pernah terjadi banjir supaya senantiasa waspada bagi masyarakat,” imbaunya.

Sementara itu, Kapolres Bogor, AKBP Harun, mengaku bahwa Polres Bogor sendiri telah ada regu tanggap bencana. Kecuali dari polres, ada juga dari BPBD dan instansi lainnya. ”Kita ada regu tanggap musibah. Jadi apabila musibah, kita telah siapkan antisipa­sinya,” pungkas Harun.

(az-raxal / kabarbogor.com)

No More Posts Available.

No more pages to load.