Forkopimda Goes To School

by -424 views

Warning: Attempt to read property "post_excerpt" on null in /home/jabar/web/jabarmedia.com/public_html/wp-content/themes/majalahpro/template-parts/content-single.php on line 85

CIBINONG, jabarmedia.com = Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor lakukan kegiatan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Goes To School untuk mengedukasi para siswa di Kabupaten Bogor agar turut serta melakukan vaksinasi Covid-19 dan ajak pelajar sadar sejarah secara virtual di Aula Nusantara Kantor Bakesbangpol Kabupaten Bogor, Kamis (9/9).

Perwakilan Tim Tenaga Kesehatan Polres Bogor, dr. Shaca mengatakan, perlu diketahui bahwa masa inkubasi awal tertular sampai timbul gejala awal rata-rata 5-6 hari namun dapat mencapai 14 hari. Orang yang terinfeksi dapat langsung menularkan sampai dengan 48 jam sebelum bergejala dan sampai dengan 14 hari setelah bergejala. Covid-19 ditularkan dari orang yang bergejala atau simptomatik ke orang lain yang berada jarak dekat melalui droplet. Droplet merupakan partikel berisi air dengan diameter >5-10 μm. Penularan droplet terjadi ketika seseorang berada pada jarak dekat 1 meter dengan seseorang yang memiliki gejala pernapasan misalnya, batuk atau bersin sehingga droplet berisiko mengenai mukosa mulut dan hidung atau konjungtiva mata.

Shaca lebih lanjut menerangkan, ‘”vaksinasi sangat penting untuk dilakukan karena banyak manfaat dari vaksinasi ini yakni meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu antigen virus, kuman, dengan cara memberikan antigen tersebut ke dalam tubuh, sehingga bila terpapar dengan antigen yang sama, sudah mempunyai zat kekebalan spesifik terhadap antibody. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada seseorang, masyarakat/populasi, bahkan dapat menghilangkan penyakit tertentu dari dunia.”

Kasdi Warso