Wisata Memancing Ikan Jadi Andalan Pengembangan Wisata Kabupaten Sukabumi

by -12 views
Wisata memancing ikan jadi andalan pengembangan wisata Kabupaten Sukabumi

JABARMEDIA.COM – Wisata memancing ikan menjadi jadi andalan Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk mendukung pengembangan dunia pariwisata Jawa Barat.

Kabupaten Sukabumi memiliki banyak titik memancing ikan baik sungai, danau maupun laut. Keberadaan potensi ini bisa dijadikan ajang promosi dalam upaya pengembangan wisata Kabupaten Sukabumi berkelas dunia,” kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami di Sukabumi, Minggu (26/05/2024).

Menurut Marwan, keuntungan lain dengan adanya objek wisata memancing ini, pendapatan masyarakat lebih terdongkrak. Aawalnya hanya menyediakan home stay, pemandu wisatawan dan kuliner. Tetapi kini ada tambahan lainnya seperti jasa menyediakan perahu, alat pancing, pakan ikan dan lain sebagainya.

Pihaknya juga tidak menyangka, kejuaraan memancing atau Fishing Tournament Bupati Cup 2024. Bertempat di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas digelar pada Sabtu (25/5). Acara ini diikuti hingga ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah.

Tentunya potensi ini bisa menjadi unggulan sebagai ajang promosi destinasi wisata juga untuk meningkatkan perekonomian warga yang berada di sekitar objek wisata,” tambahnya.

Baca Juga:  BNPB: Lokasi Longsor Cililin Masuk Zona Bahaya Tinggi

Di sisi lain, Pemkab Sukabumi mulai memetakan destinasi-destinasi yang belum termanfaatkan oleh kegiatan wisata bahari lain seperti kejuaraan memancing ini. Maka dari itu, orang nomor satu di kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini terobsesi untuk membangun kawasan pantai untuk jadikan titik wisata memancing.

Hingga saat ini sudah ada beberapa lokasi yang bisa dijadikan pusat wisata memancing antara lain Kecamatan Simpenan dan Kecamatan Ciracap. Nantinya di daerah itu dibuatkan titik mancing pinggir pantai (babalang). Untuk mendukung hal tersebut Pemkab Sukabumi akan membenahi dan untuk pengelolaannya bisa oleh masyarakat maupun karang taruna. Semoga Wisata memancing ikan di Sukabumi ini menjadi inspirasi untuk daerah lain.

(Antara/idram)