Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2012

by -4 views

SNMPTN Gunakan Dua Jalur Penerimaan

JAKARTA, (PRLM).- Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 akan dilaksanakan melalui dua jalur, yaitu jalur Undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik dan jalur Ujian Tertulis dan/atau Keterampilan. Hasil Ujian Nasional (UN) akan digunakan sebagai evaluasi akhir terhadap kelulusan di dua jalur tersebut.

Demikian terungkap dalam konferensi pers SNMPTN 2012 yang berlangsung di Gedung D Kemdikbud, Senayan Jakarta, Kamis (19/1/12) petang. Seusai konferensi pers, dilanjutkan dengan launching SNMPTN 2012.

“Pada SNMPTN ini ada jalur undangan dan jalur ujian tertulis dan/atau keterampilan. Ujungnya akan dievaluasi dengan hasil UN,” ujar Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud Djoko Santoso.

Hadir pada kesempatan itu Wamendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia Idrus Paturusi, Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Akhmaloka, jajaran panitia SNMPTN 2012, dan sejumlah pihak terkait.

Dijelaskan pula, sejalan dengan program pemerintah tentang Bantuan Biaya Pendidikan bagi Mahasiswa Miskin (Bidikmisi), bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui masing-masing jalur seleksi pada SNMPTN 2012 dapat mengajukan permohonan memperoleh bantuan Bidikmisi, sehingga mendukung keberlanjutan studinya.
Alokasi Bidikmisi untuk calon mahasiswa berprestasi, tetapi memiliki keterbatasan aspek ekonomi atau miskin itu direncanakan sebanyak 30.000 orang.

Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2012 Akhmaloka menuturkan, SNMPTN 2012 mengemban nilai atau value lebih mulia, tidak sekadar melakukan seleksi mahasiswa baru.

Di antaranya, membangun kebersamaan dan kepercayaan antar PTN di seluruh Indonesia. Lalu, edukasi nasional untuk melek IT (Teknologi Informasi) dan kejujuran bagi generasi muda terdidik.

“Keberpihakan PTN kepada calon mahasiswa yang miskin dan berprestasi, serta sebagai wahana perekat bangsa dalam wadah tunggal NKRI,” katanya.

Akhmaloka yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) itu mengungkapkan, jadwal pelaksanaan SNMPTN 2012 jalur undangan, pendaftaran akan berlangsung 1 Februari s.d. 8 Maret 2012.

Pengumuman hasil seleksi dijadwalkan pada 25 Mei 2012 dan registrasi mahasiswa baru pada 12-13 Juni 2012.

“Pengumuman hasil seleksi dilakukan setelah ada pengumuman Ujian Nasional,” katanya.

Pendaftaran SNMPTN jalur undangan dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://undangan.snmptn.ac.id.

Tatacara pengisian borang pendaftaran Jalur Undangan dapat diunduh (download) dari laman http://undangan.snmptn.ac.id mulai 20 Januari 2012. (A-94/A-26)**

Resource: http://www.pikiran-rakyat.com/node/173740 (Jumat, 20/01/2012 – 04:49)