Cooperative Fair 2012, Sarana Promosi KUMKM Jawa Barat

by -10 views

Rangkaian kegiatan Cooperative Fair 2012 atau yang ke sembilan kalinya digelar telah memasuki hari terakhir. Sejak dibuka pada Sabtu (14/7) oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, agenda Cooperative Fair 2012 ini telah menyedot animo masyarakat koperasi khususnya yang berada di Kota Bandung.

Bertempat di lapangan Gasibu, Cooperative Fair 2012 menghadirkan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) unggulan dari 26 kota di seluruh wilayah Jawa Barat. Tak hanya Jawa Barat, di beberapa stand juga terdapat KUMKM dari berbagai daerah di Indonesia.

Pengunjung yang hadir ke acara ini bisa melihat produk-produk fesyen, aksesoris, kerajinan tangan, hingga makanan dan minuman khas Jawa Barat. Selain itu, disediakan beberapa panggung pertunjukan untuk menampilkan beragan kesenian seperti musik dan tari. Tak hanya sekadar melihat-lihat, pengunjung juga bisa melakukan transaksi pembelian produk-produk tersebut. Seperti di stan Perkulakan Puskopanti Jawa Barat, pengunjung bisa membeli barang-barang kebutuhan pokok seperti gula pasir, terigu, minyak goreng dengan harga grosir untuk persiapan jelang bulan puasa dan lebaran.

Bagi pengunjung yang membutuhkan uang baru dalam rangka menjelang lebaran 2012, Bank Indonesia menyediakan mobil penukaran uang baru di area Expo Pembiayaan, sejak awal acara hingga hari ini (18/7). Menurut Yaya Sunarya, Ketua Umum Panitia Coperative Fair 9, keberadaan mobil penukaran uang ini untuk membantu masyarakat

“Di mobil ini masyarakat bisa menukar uang pecahan Rp 2000,- hingga pecahan Rp 100.000,- baru. Uang pecahan baru menjadi kebutuhan bagi masyarakat menjelang lebaran. Daripada berdesakan dan antri nanti menjelang lebaran, masyakarat bisa menukar uang baru di Gasibu sekaligus melihat dan berbelanja kebutuhan lainnya untuk lebaran,”katanya.

Dukungan Pemasaran

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, membantu kegiatan promosi KUMKM salah satunya melalui event Cooperative Fair. Beberapa media lain juga diluncurkan untuk mendukung pemasarana KUMKM di Jawa Barat, salah satunya melalui Jabar Cyber Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, yang dapat di akses di www.jabarcyberkoperasi.com.

Melalui pembinaan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat serta Promosi massive melalui Jabar Cyber Koperasi Dinas KUMKM Prov. Jawa Barat, beberapa KUMKM di lingkungan Jawa Barat sangat terbantu khususnya dalam hal pemasaran yang tentunya meningkatkan omset mereka.

http://www.kabarukm.com