Jalur Selatan 90% Siap Dilintasi Pemudik

by -3 views

CIAMIS – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis memastikan 90% jalur selatan melalui Kabupaten Ciamis dinyatakan siap dilalui pada mudik Lebaran mendatang.

Kondisi jalan di jalur utama Ciamis mulai dari pintu masuk di perbatasan Rajapolah, Tasikmalaya hingga Perbatasan Cisaga, Kota Banjar menuju Cilacap, Jawa Tengah dalam kondisi baik. Saat ini, Dishub Ciamis sudah menyiapkan 28 unit rambu portable berupa petunjuk lalu lintas seperti penunjuk arah dan peringatan.

Sementara untuk rambu perintah disiapkan sebanyak 12 unit. ”Total rambu tambahan yang sudah disiapkan berjumlah 40 unit.” ”Rambu ini disiapkan untuk mengantisipasi kondisi rambu yang masih belum dipahami pengguna jalan yang baru masuk kawasan Ciamis dan sekitarnya,”ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Jenal Abidin,kemarin.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Ciamis Edi Yulianto menambahkan, saat ini kondisi rambu yang sudah ada dilakukan pengecekan. Hasilnya, 80% siap dan 20% lainnya sedang perbaikan dan pemeliharaan. Perbaikan jalur alternatif lingkar selatan yang baru dilakukan sekitar tujuh kilometer ternyata belum semuanya. Sementara panjang jalur alternatif keseluruhan mencapai 17 kilometer.

Artinya masih lebih dari sepuluh kilometer yang kondisinya masih rusak. Antisipasinya, ungkap Edi, akan membuka jalur alternatif langsung dari wilayah Bojong; Cijengjing, Ciamis; dan Pamarican, Ciamis; melalui Kota Banjar menuju Kabupaten Tasikmalaya. Di tempat terpisah, Bupati Kuningan Aang Hamid Suganda menargetkan seluruh perbaikan jalan di Kabupaten Kuningan bisa selesai pada pertengahan Ramadan guna kelancaran lalu lintas saat arus mudik dan wisata.

Perbaikan jalan, kata Aang sudah berlangsung sejak Juli lalu seperti di jalur alternatif Jalaksana-Ciawigebang dan ruas jalan menuju objek wisata Linggarjati. Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Kuningan Rusliadi mengungkapkan terdapat delapan ruas jalan yang tengah diperbaiki.

Di antaranya ruas jalan Ciawigebang-Jalaksana, Ciawigebang-Ciputat, Padamenak- Karangmuncang-Panawuan serta Bojong-Pakembangan- Mandirancan. ”Selain itu, ruas jalan Kuningan- Garawangi-Lebakwangi, Luragung-Cidahu, Luragung- Ciwaru dan Sukamulya-Kadugede,” ungkap Rusli,kemarin.

Sumber : www.seputar-indonesia.com