Siapa Pemain Terbaik Eropa 2012?

by -1 views

NYON – Dominasi Liga Primer sangat terasa ketika Badan Sepak Bola Tertinggi Eropa (UEFA) mengumumkan nominasi Pemain Terbaik Eropa 2012. Kompetisi terbaik di dunia tersebut menyumbang 13 nama. Tapi, punggawa Liga Primer diragukan bisa berjaya.

Tahun ini,UEFA kembali menggelar UEFA Best Player in Europe Award 2012 (Pemain Terbaik Eropa 2012).Ini menjadi penyelenggaraan kedua penghargaan tertinggi bagi pemain yang berkiprah di Eropa.Tercatat 32 nama tercantum dalam daftar tersebut.Sang juara bertahan Lionel Messi tentu tidak ketinggalan.

Pada pergelaran pertama,Messi sukses mengalahkan para pesaingnya.Dia menjadi yang terbaik mengalahkan rekan satu timnya di Barcelona,Xavi Hernandez (kedua) dan Andres Iniesta (keempat).Di peringkat ketiga nangkringrival abadi Messi, Cristiano Ronaldo.Punggawa FC Porto saat itu,Radamel Falcao,duduk di peringkat kelima. Liga Primer,kompetisi yang digadanggadang sebagai yang terbaik di kolong langit,menjadi penyumbang paling banyak.

Sang kampiun Manchester City (Man City) menempatkan enam punggawanya dalam nominasi penghargaan ini.Mereka adalah Sergio ‘Kun’ Aguero,Mario Balotelli,Joe Hart,David Silva,Yaya Toure,dan Vincent Kompany.Sementara juara Liga Champions Chelsea mengirimkan empat wakilnya: Frank Lampard,Petr Cech,Fernando Torres, dan Didier Drogba (kini membela Shanghai Shenhua).

Arsenal,Manchester United, serta Tottenham Hotspur masing-masing menyumbang satu nama.Robin van Persie mewakili The Gunners—julukan Arsenal—, Wayne Rooney membawa bendera MU,dan Luka Modric menjadi representatif Tottenham.“Ini kabar bagus sebelum kompetisi dimulai,”tulis BBCSports. Walau menguasai nominasi UEFA Best Player in Europe Award 2012,wakil Liga Primer diragukan bakal dinobatkan sebagai yang terbaik pada 30 Agustus mendatang. Ini lantaran penampilan istimewa para pemain yang beraksi di Primera Liga musim 2011/2012.

Real Madrid,contohnya.Los Blancos—julukan Madrid—yang merupakan kampiun Primera Liga menjadi klub terbanyak yang menempatkan pemainnya pada nominasi Pemain Terbaik Eropa 2012.Aroma Los Blancosmemang sangat dominan seiring tercantumnya Xabi Alonso,Iker Casillas,Pepe,Fabio Coentrao,Cristiano Ronaldo,Mesut Oezil, dan Sergio Ramos dalam daftar tersebut. Ronaldo yang mencetak 60 gol dari 55 penampilan di seluruh kompetisi berada di urutan teratas punggawa Madrid yang dijagokan merebut penghargaan ini. Apalagi,musim lalu,Ronaldo juga masuk nominasi serupa.PorteroMadrid Iker Casillas juga diunggulkan akan berjaya.

Ketangguhannya di bawah mistar gawang berperan besar mengantarkan Madrid merajai Spanyol. Ancaman bagi Ronaldo datang dari para pemain Barcelona.Walau hanya menempatkan empat punggawa,El Barca diwakili sang juara bertahan Messi, peringkat kedua tahun lalu Xavi,dan pemain terbaik Piala Eropa 2012 Iniesta. Cesc Fabregas yang juga tampil spektakuler di Polandia-Ukraina turut serta dalam nominasi Pemain Terbaik 2012. Di luar Liga Primer dan Primer Liga,ada tiga pemain yang berasal dari Seri A Italia. Dua di antaranya pemain Juventus dan sisanya dari AC Milan.

Sama seperti Italia, Jerman juga memiliki tiga wakil,yakni dua dari Borussia Dortmund dan dari Schalke 04. Terakhir datang dari Wales yang mewakili Bangor City. Dari 32 nominasi tersebut akan disaring menjadi tiga pemain.Tiga besar ini bakal diumumkan UEFA pada 14 Agustus 2012. Soal siapa yang bakal masuk tiga besar tersebut akan ditentukan lewat hasil voting di Monaco.Yang menjadi juri adalah para jurnalis dan juga 53 anggota dari UEFA.

“Tujuan dari penghargaan ini sangat baik.Kami ingin memberikan penghormatan kepada pemain yang memang layak mendapatkan penghormatan.Semoga dengan adanya penghargaan ini mereka semakin bersemangat,”ujar Presiden UEFA Michel Platini,dilansir uefa.com. Nantinya siapa yang terpilih menjadi pemain terbaik akan diumumkan pada 30 Agustus 2012 atau 15 hari setelah tiga nama besar ditentukan.

Sumber : www.seputar-indonesia.com