Tentukan Awal Puasa, SBY Gelar Rapat Kabinet

by -3 views

JAKARTA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menggelar sidang kabinet paripurna untuk persiapan menghadapi bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1433 H/2012, Kamis (19/7). Biro pers Kepresidenan menginformasikan, rapat paripurna akan digelar pada pukul 14.00 WIB di kantor Presiden.

Rencananya, pemerintah hari ini menggelar sidang isbat di Kementerian Agama. Sidang isbat tersebut akan dilakukan rukyah untuk menentukan awal Ramadan. Setelah mendapatkan adanya rukyah, baru pemerintah membuat kesimpulan untuk menentukan awal mula puasa.

Selain menyangkut keputusan mulai puasa. Pemerintah juga mempersiapkan antisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok. Berdasarkan data terkini dari Kementerian Perdagangan, per 17 Juli harga rata-rata kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan.

Harga daging sapi tercatat Rp 77.390 per kg, daging ayam Rp 28.328 per kg, telur ayam Rp19.179 per kg, sementara cabai merah keriting Rp27.884 per kg.

Secara umum harga barang-barang tersebut naik antara Rp 3.000 – Rp5.000 per kg dibandingkan dengan tingkat harga pada awal bulan Juni lalu. Sementara jika dibandingkan harga awal bulan Juli ini, kenaikannya antara Rp.1000 – Rp.2000 per kg

Permintaan konsumen bersifat naik secara cepat pada momen musiman seperti Ramadan. Sementara pasokan bahan pokok tersebut mengalami keterlambatan. Kondisi ini diperburuk dengan ulah para oknum pedagang dan spekulan dengan menimbun barang dan menaikkan harga.

Sumber : www.kontan.co.id