Bekuk Korsel 3-0, Brasil Tantang Meksiko di Final

by -4 views

FOTO:AFP/Andrew Yates

Brasil sukses membekuk Korea Selatan tiga gol tanpa balas di semifinal sepakbola putra Olimpiade 2012. Hasil ini membuat Selecao akan menantang Meksiko di partai final.

Dalam laga yang dihelat di Old Trafford, Rabu (8/8/2012) dinihari WIB, Brasil memperoleh gol-gol lewat Leandro Damiao (2 gol) dan Romulo. Bagi Damiao tambahan dua gol itu membuatnya kini memuncaki daftar topskorer dengan enam gol.

Brasil untuk pertama kalinya sejak 1988 tampil di partai final dan berusaha menuntaskan mimpinya untuk meraih medali emas pertama di Olimpiade. Lawan mereka adalah Meksiko di New Wembley Stadium, 11 Agustus mendatang.

Sementara itu Korsel akan beradu dengan sesama tim Asia, Jepang, di perebutan perunggu Jumat 10 Agustus.

Jalannya pertandingan

Korsel mengambil inisiatif serangan lebih awal dan di menit 12 sepakan Kim Bokyung masih belum menemui sasaran. Begitupun tembakan Kim Hyunsung semenit setelahnya.

Dua menit setelahnya Ji Dong Won melepaskan tembakan yang masih bisa diredam oleh kiper Brasil, Gabriel Neto.

Terus ditekan Brasil akhirnya bisa mengancam gawang Korsel yang dikawal Lee Bum Young di menit 19 lewat tembakan Leandro Damiao yang masih bisa dihadang Bum Young.

Setelahnya Brasil mampu mengendalikan dan menciptakan beberapa peluang lewat Oscar, Damiao dan Neymar, tapi bisa digagalkan oleh Bum Young.

Gawang Bum Young akhirnya jebol juga di menit 38 lewat sebuah serangan balik yang dituntaskan dengan baik oleh Romulo. Neymar merebut bola liar lalu disodorkan kepada Oscar yang kemudian mengirimkan bola ke sebelah kiri kotak penalti Korsel.

Romulo yang muncul dari belakang dengan dingin menempatkan bola di tiang dekat melewati sela kaki Bum Young, Brasil unggul 1-0.

Selepas rehat Brasil masih menguasai jalannya pertandingan namun pertahanan Korsel yang ketat membuat Neymar dkk di lini depan kesulitan mencetak gol.

Brasil akhirnya bisa menambah gol di menit 57 lewat kaki Damiao. Diawali pegerakan Neymar di sisi kiri yang kemudian diakhiri dengan umpan tarik ke tengan kotak penalti dan disambar Damiao dengan sepakan mendatar yang menembus jala Korsel.

Damiao! Di menit 65 penyerang muda ini menambah keunggulan Brasil jadi 3-0 setelah sepakannya dari dalam kotak penalti berhasil menaklukkan Bum Young. Gol ini tercipta berkat akselerasi Neymar memecah pertahanan Korsel.

Skor tersebut bertahan hingga laga usai dan Brasil melaju ke final untuk ketiga kalinya di cabang sepakbola putra Olimpiade.

Susunan pemain

Korsel: Lee Bum-Young; Jae-Suk Oh, Young-Gwon Kim, Seok-Ho Hwang, Suk-Young Yun; Koo Ja-Cheol (Jung Woo-Young 59′), Ki Sung-Yeung, Nam Tae-Hee, Kim Bo-Kyung; Ji Dong-Won (Sung-Dong Baek 77′), Kim Hyun-Sung (Park Chu-Young 71′).

Brasil: Gabriel; Rafael, Thiago Silva, Juan (Bruno Uvini 83′), Marcelo (Hulk 75′); Sandro, Romulo; Alex Sandro, Oscar, Neymar; Leandro Damiao (Pato 78′)

Sumber : www.detik.com