Mabes Polri Gagalkan Penyelundupan Manusia di Sukabumi

by -10 views

Kepolisian Republik Indonesia berhasil menggagalkan penyelundupan imigran gelap di Sukabumi, Jawa Barat, Rabu(18/7/12) lalu.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan,penyelundupan dapat digagalkan setelah pihaknya mendapatkan informasi dari masyrakat adanya kendaraan yang beriring-iringan membawa imigran asal Timur Tengah.

“Polres Sukabumi menindak lanjuti keterangan dari warga, terkait adanya iring-iringan sejumlah kendaraan yang mengangkut imigran gelap, setelah dilakukan penelusuran informasi tersebut didapat 45 imigran berasal dari Timur Tengah yang akan diberangkatkan ke Christmas Island, Australia,” ujar Boy kepada wartawan, Kamis(19/7/12).

Kendaraan yang dipakai untuk mengangkut para imigran, Kata Boy,berupa dua buah mini bus berplat asal Bogor dan sebuah sedan berplat Jakarta. Kini ke-45 imigran yang terdiri dari 43 imigran asal Iran, dan dua imigran asal Suriah, kini dikarantinakan di kantor imigrasi daerah sukabumi.

Dari hasil penggerebekan tersebut, petugas juga berhasil menangkap dua orang pelaku, berinisial I dan Op, yang bertugas mengawal para imigran hingga ke kapal.

“Keduanya diduga diberi upah untuk mengawal para imigran ke kapal yang sudah disediakan di Pantai Pelabuhan Ratu dengan upah Rp 5 juta dan baru diberikan RP 650 ribu sebagai uang muka,” kata Boy.

Lebih jauh, Boy menjelaskan, hingga kini Mabes Polri bekerjasama dengan Polres Sukabumi masih melakukan pengejaran terhadap otak dari penyelundupan yang berinisial UKA alias A.
http://surabaya.okezone.com

update, Kamis, 19 Juli 2012 16:14 wib wib

dipostkan, Rabu, 1 Agustus 2012