Debit Air Situ Lembang Menyusut

by -29 views

ilustrasi

Kelangkaan air bersih di Kota Cimahi kian mengkhawatirkan. Debit air Situ Lembang yang merupakan sumber air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja kian menyusut.

Kondisi tersebut disebabkan kemarau yang hingga kini masih terjadi.Alhasil,warga di sejumlah wilayah Kota Cimahi kekurangan pasokan air bersih. Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Raharja Dadang Supriyadi mengatakan, pelanggan PDAM di Kota Cimahi merasakan dampak kemarau paling parah jika dibandingkan pelanggan di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Kondisi tersebut terjadi akibat debit air Situ Lembang sebagai satu-satunya sumber air baku bagi pelanggan di Kota Cimahi menurun drastis.“Pasokan air baku dari Situ Lembang kini hanya 100 liter per detik dari kondisi normal sekitar 160 liter per detik.Kondisi ini bisa dikatakan sudah memasuki tahap kritis,” ungkap Dadang saat ditemui di Kantor PDAM Tirta Raharja, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, kemarin.

Wilayah yang terkena dampakkemarauterparahberadadi kawasan selatan dan timur Kota Cimahi. Di wilayah barat, gangguan pelayanan air bersih dirasakan pelanggan di daerah Dustira hingga Leuwigajah. Sementara di wilayah timur,dampaknya dirasakan pelanggan di daerahCibabathinggaCimindi. Di kedua wilayah tersebut, pihaknya terpaksa memberlakukan pembagian pelayanan. Pelanggan di wilayah timur hanya mendapatkan pasokan air bersih selama delapan jam, sedangkan di wilayah selatan hanya tiga jam saja.

“Dari 15.289 pelanggan PDAM di Kota Cimahi, 6.000 pelanggan di antaranya atau sekitar 36.000 jiwa kini kekurangan pasokan air bersih,”tutur Dadang. Sementara untuk pelanggan di wilayah barat dan utara Kota Cimahi, pelayanan masih bisa dikatakan normal. Di kedua wilayah tersebut, kata Dadang, hanya terjadi penurunan tekanan pada jam-jam tertentu.Khusus untuk mengatasi gangguan pelayanan di wilayah barat, pihaknya kini kembali mengaktifkan sumur air bawah tanah yang lokasinya berada di Cidahu. “Dari sumur itu diperoleh delapan liter per detik. Kami gunakan untuk menyuplai wilayah Cidahu, Cipageran, dan Haji Gofur,”katanya.

Menurut Dadang, untuk mengatasi krisis air bersih di Kota Cimahi yang kerap kali terjadi saat kemarau, diperlukan penanganan menyeluruh terhadap Situ Lembang. “Pemerintah pusat harus turun tangan untuk normalisasi Situ Lembang melalui pengerukan,” ujarnya. Dadang menambahkan, selama dua minggu terakhir, PDAM Tirta Raharja menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 68 tangki yang disebar ke berbagai wilayah di Kota Cimahi. agung bakti saras.

Sumber : www.seputar-indonesia.com