Kebakaran Hutan Lereng Utara Ciremai Meluas

by -6 views

NURYAMAN/”PRLM”

Musibah kebakaran hutan yang melanda areal hutan di lereng utara kaki Gunung Ciremai sekitar Desa Pasawahan dan Desa Padabeunghar, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, sejak Senin (3/9/12) hingga Rabu (5/9/12) masih berlangsung. Bahkan, kobaran api dari salah satu blok hutan terbakar di wilayah Kab. Kuningan itu, mulai Rabu (5/9) siang telah merembet ke arah barat. Kobaran api membakar areal hutan lereng Ciremai sekitar wilayah Kab. Majalengka.

Teramati “PRLM” Selasa (5/9), areal hutan berisi semak belukar dan alang-alang kering bervariasi sedikit tegakan pohon pada punggungan bukit di Blok Cileutik, sekitar Desa Pasawahan yang sehari sebelumnya belum tersentuh api, kini sudah habis terbakar. Demikian pula, areal-areal hutan berisi vegetasi serupa di sekitar blok lainnya yang pada Selasa (4/9) masih terpaut jarak puluhan hingga ratusan meter dari titik api, Rabu (5/9) sudah habis terbakar.

Api yang sempat berkobar dan telah melumat berbagai jenis vegetasi di Blok Cileutik, Karangdinding bagian bawah, sekitar Desa Pasawahan, dan di Blok Silayur sekitar Desa Padabeunghar, sebagian besar berhasil dipadamkan dan tidak merembet lebih luas lagi. Begitu pula, api yang merembet dan telah membakar puluhan hektare kawasan Kebun Raya Kuningan, sekitar Blok Silayur, sudah padam.

Namun, di balik itu sisa-sisa api di bagian atas Blok Karangdinding dan Blok Silayur, hingga Rabu (5/9) masih terus menerus berkobar dan merembet luas. Malahan, sejak Rabu (5/9) areal hutan di blok Gunungdulang pada titik ketinggian lereng Ciremai antara sekitar 800 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) sudah terbakar. (A-91/A-88)***

Sumber : www.pikiran-rakyat.com