‘Spiderman’ Prancis Panjat Bangunan di China

by -6 views

“Spiderman” asal Prancis, Alain Robert, pada Sabtu menambah catatan untuk rekor pendakiannya, dengan mendaki sebuah menara yang tingginya hampir mencapai 388 meter di bagian tengah China.

Pendaki itu menaiki sebuah platform observasi setinggi 268 meter dari menara Central Plains Fortaleza, di kota Zhengzhou provinsi Henan selama dua jam, menurut media pemerintah China.

Robert pernah mendaki lebih dari 100 bangunan tanpa tali atau peralatan keselamatan lainnya, ia berencana membuat sebuah rekor “mendaki bangunan terbanyak tanpa bantuan” menurut Guinnes World Records.

Pada Maret tahun lalu dia menerjang sebuah gurun berangin untuk memanjat bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa di Dubai, yang memiliki ketinggian 828 meter.

Namun kali ini, Robert menggunakan perlengkapan penyedot dan alat-alat pendakian serta sebuah tali pengaman untuk mencapai puncak menara Fortaleza yang terbuat dari baja dan kaca, yang tidak memiliki tempat untuk pijakan tangan dan kaki, menurut laporan dari televisi pemerintah.

China Central Television memperlihatkan Robert (50), yang mengenakan kaos merah dan celana hitam ketat sedang menyelesaikan pendakian yang disambut tepuk tangan dari komite yang menunggu di atas menara tersebut.

 Itu bukan pertama kalinya bagi Robert melakukan pendakian di China. Pada 2007, dia berhasil memanjat menara Mao setinggi 420 meter di pusat komersial China, Shanghai, menurut situsnya. (kn/ai)

sumber:tribunnews.com