Longsor, 85 Rumah di Lima Desa Rusak di Ciamis

by -5 views
Foto:kampungtki.com

Dari 85 rumah yang dilaporkan rusak, sebanyak 15 rumah di antaranya rusak berat,21 rumah rusak sedang, dan 34 lainnya rusak ringan. Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Ciamis Cece Manuhara mengatakan, 85 rumah rusak di Langkaplancar ini tersebar di lima desa, yaitu Desa Jadikarya,Jadimulya,Cisarua, Bangunkarya, dan Sukamulya.

Rinciannya, 19 rumah rusak di Desa Jadikarya, 40 rumah di Jadimulya,9 rumah di Cisarua, 14 rumah di Bangunkarya,dan tiga rumah di Sukamulya. ”Untuk penanganan tanggap darurat sementara, 15 kepala keluarga yang rumahnya rusak berat atau tidak bisa dihuni lagi dievakuasi sementara ke rumah saudaranya yang terdekat, rumah tetangga,ada juga yang sementara tempat fasilitas umum.

Sementara rumah dengan rusak ringan langsung dilakukan perbaikan,”kata Cece. Penanganan pascabencana longsor ini, BPBD sudah mengirim 50 paket sembako untuk para korban.Adapun untuk penanganan jangka panjang, saat ini masih dalam pembahasan di tingkat muspida. Adapun daerah rawan longsor yang perlu diwaspadai, Kecamatan Panumbangan, Cihaurbeuti, Cikoneng, Lumbung, dan Panjalu. ujang marmuksinudin

Sumber:seputar-indonesia.com