Seperlima Populasi AS Terkena Dampak Badai Sandy

by -3 views
Foto:seputar-indonesia.com

Amukan badai Sandy membuatkawasanpantai timur Amerika Serikat kacaubalau. New York dan New Jersey menjadi negara bagian paling parah terkena dampak. Jaringan listrik di dua wilayah itu padam dan transportasi publik dihentikan.

Sandy yang pada Jumat lalu (26/10) mengobrakabrik Karibia kini menyebabkan sedikitnya 16 orang tewas, 15 di AS dan seorang di Kanada. Perusahaan estimasi bencana alam Eqecat memperingatkan, dampak Sandy akan dirasakan lebih dari 60 juta warga atau seperlima populasi AS. Eqecat juga memperkirakan kerugian ekonomi akibat badai super (superstorm) yang dijuluki monster tersebut mencapai USD10 miliar–20 miliar dengan hanya setengahnya (USD5 miliar–10 miliar) yang ditanggung asuransi.

Presiden AS Barack Obama telah mendeklarasikan “bencana besar” di New York dan New Jersey,sebuah pernyataan yang dapat mengizinkan kucuran dana federal untuk membantu korban badai mendapatkan perumahan sementara dan ganti rugi kerusakan. Badai Sandy mengakibatkan gelombang air laut mencapai ketinggian 4,2 meter di pesisir Manhattan, rekor baru sejak badai Donna pada 1960 yang mengakibatkan gelombang laut setinggi 3 meter. Kekuatan angin yang dibawa Sandy mencapai 145 kilometer per jam.

Banjir kemarin terjadi di mana-mana, termasuk meluber hingga ke jaringan kereta bawah tanah dan terowongan di bawah sungai-sungai Manhattan.“Gelombang tinggi, ombak kuat, luapan sungai, dan angin terkencang, semua menerjang di saat terburuk,” papar Jeffrey Tongue,meteorologis di Brookhaven,New York, seperti dikutip Reuters. Pemadaman jaringan listrik dilakukan di sebagian besar New York City menyebabkan wilayah itu gelap gulita. Secara keseluruhan 6,8 juta orang di beberapa negara bagian AS mengalami pemadaman listrik. Pusat Badai Nasional (NHC) menyatakan jalur badai dari utara South Carolina ke perbatasan Kanada dan dari West Virginia ke Samudera Atlantik menuju Bermuda merupakan salah satu badai terbesar.

Sejauh ini,badai Sandy telah menewaskan 67 orang di sepanjang Karibia. Badai ini akan terus menerjang wilayah AS dan Kanada hingga beberapa hari mendatang. Sementara itu, estimasi kerugian akibat badai Sandy sebesar USD20 miliar dihitung berdasarkan perkiraan imbas bencana itu. “Sandy merupakan badai besar yang berdampak terhadap 20% dari penduduk AS,” ujar Wakil Presiden Senior Eqecat Tom Larsen dalam pernyataan resmi seperti dikutip AFPkemarin. ● syarifudin/chindya citra

Sumber:seputar-indonesia.com