Menuju Jabar 1: Dikidik, “Saya Optimistis Bisa Ikut Pilgub Jabar”

by -4 views

Pasangan calon perseorangan Dikdik Muliana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib melanjutkan proses pengumpulan berkas dukungannya yang harus ditambah sebanyak 1,4 juta. Meski begitu, pasangan yang menjadi pendaftar pertama ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat itu optimistis bisa memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi peserta Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Jabar.

“Saya optimistis bisa ikut pilgub, kenapa tidak? Proses ini harus kita trima secara sakinah. Kita harus menghargai dinamika ini sebagai mekanisme yang disepakati UU, kita harus taat,” katanya sebelum melakukan proses pendaftaran di kantor KPU Jabar, Jl. Garut Kota Bandung, Selasa (6/11).

Ia pun mengatakan, calon perseorangan memang dihadapkan dengan tantangan sulitnya mengumpulkan berkas dukungan yang minimal tiga persen dari jumlah penduduk. Namun, partai politik pun mengalami kesusahannya sendiri saat ingin membangun partainya. “Jadi, semua prosesnya jangan diterima sebagai sesuatu yang membuat frustasi,” katanya.

Saat proses penyerahan berkas awal Oktober lalu, Dikdik yang sudah mundur dari jabatan Kapolda Sumatera Selatan itu mengatakan, ia memiliki dukungan sebanyak 3,1 juta. Namun, yang diserahkan ke KPU Jabar hanya 1,8 juta. Dari proses verifikasi administrasi, dukungan yang tercoret mencapai 300 ribu dan dari proses verifikasi faktual tercoret 700 ribu.

Untuk menambah dukungan itu, ia mengatakan, sudah mengantongi 1,3 juta dukungan sehingga cukup dicari sekitar 200 ribu. Ia pun mengakui proses input data bukan hal yang bisa dilakukan mudah dan cepat.

“Hikmahnya, stok dan spontanitas yang sekarang datang malah makin bertambah. Seluruh yang diperlukan diusahakan sudah diserahkan 2 Desember, syukur-syukur bisa antara 20-25 November supaya ada waktu lagi kalau ada yang kurang. Pokoknyaa kami akan berikan sebanyak-banyaknya,” tuturnya. (A-160/A-107)***

Sumber:pikiran-rakyat.com