Optimisme iringi Timnas Indonesia di Piala AFF 2012

by -4 views

Optimisme kembali mengiringi tim nasional Indonesia untuk unjuk gigi di turnamen sepak bola dua tahunan untuk negara-negara ASEAN, Piala AFF.

“Dari sisi teknis, mental, dan komposisi pemain, Indonesia bisa bersaing dengan tim-tim lain. Kami yakin bisa juara,” kata Habil Marati, manajer Timnas Indonesia.

“Grafik penampilan para pemain terus meningkat dan tentunya kami berharap para pemain di posisi puncak ketika berlaga di babak final,” kata Habil.

Ia menambahkan Indonesia berpeluang besar menjuarai Piala AFF 2012 setelah mencermati penampilan pemain di beberapa pertandingan uji coba.

Sebelum berlaga di Piala AFF, yang dimulai hari Sabtu (24/11), Indonesia menang 1-0 atas Timor Lester dan menahan imbang 0-0 Timnas Kamerun.

“Timor Leste bukan tim yang mudah dikalahkah sementara Kamerun adalah tim yang kuat. Jadi, kami optimistis hasil terbaik akan kami raih,” kata Habil.

Dua tahun lalu Indonesia maju ke partai puncak namun di dua kali pertandingan di babak final, Indonesia dipaksa mengakui keunggulan Malaysia.

Lebih fokus

Di laga pertama di Kuala Lumpur, Indonesia kalah 0-3 dan di pertandingan kedua di Jakarta, Indonesia hanya menang tipis 2-1.

Agregat 4-2 mengantarkan Malaysia menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya pada 2010.

Optimisme senada disampaikan mantan manajer Persebaya, Saleh Mukadar.

Dalam pandangan Saleh, kegagalan Indonesia merebut piala dua tahun lalu lebih banyak disebabkan oleh faktor nonteknis. Kali ini Saleh melihat faktor nonteknis ini tidak sebesar tahun lalu.

“Pengurus PSSI sepertinya jauh lebih fokus ke sepak bola. Ini perkembangan yang menggembirakan. Saya yakin Indonesia akan tampil bagus,” ujar Saleh.

Komposisi Indonesia tahun ini banyak berubah dari dua tahun lalu antara lain akibat adanya dualisme di PSSI yang melahirkan dua kompetisi liga sepak bola, Liga Super Indonesia (LSI) dan Liga Primer Indonesia (LPI).

LSI tidak diakui oleh PSSI dan manajemen LSI melarang pemain di liga ini masuk timnas, padahal beberapa pemain papan atas Indonesia ada di liga ini.

Melawan Laos

Syamsul Hadi, wartawan olahraga harian Kompas di Jakarta menggambarkan situasi ini tidak ideal.

“Ini menyebabkan persiapan pembentukan tim nasional tidak semulus yang diharapkan,” kata Syamsul.

Timnas Indonesia kali ini dipoles oleh pelatih Nil Maizar, manajer klub Semen Padang, yang oleh Syamsul Hadi dinilai memiliki kemampuan bagus untuk memotivasi pemain.

Namun soal strategi di lapangan, Syamsul ingin melihat dulu laga pertama Indonesia di Grup B.

“Dari situ kita bisa melihat bagaimana Nil membaca pertandingan dan menerapkan taktik yang bisa menghasilkan kemenangan,” kata Syamsul.

Pertandingan melawan Laos digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, hari Minggu (25/11).

Syamsul berharap Indonesia bisa memetik tiga angka bersih, sehingga memudahkan perjalanan tim ini ketika menghadapi Singapura dan Malaysia.

“Kalau Indonesia menang melawan Laos, dan mencuri angka ketika melawan Singapura dan Malaysia, besar kemungkinan Indonesia bisa maju ke semifinal dan final,” katanya.

Line 22 Pemain Timnas Garuda ke Piala AFF 2012

Posisi

Pemain

Penjaga gawang (2) Endra Prasetya, Wahyu Tri Nugroho
Pemain belakang (7) Nopendi, Wahyu Wijiastanto, Handi Ramdan, Fakhrudin, Valentino Telaubun, Novan Setya Sasongko, Arthur Irawan,
Pemain tengah (8)  Elie Aiboy, Taufiq, Andik Vermansyah, Vendri Mofu, Corneles Gedi, Rasyid, Oktavianus Maniani, Tonnie Cussel.
Pemain depan (5)  M. Rahmad, Samsul Arif, Bambang Pamungkas, Johnny van Beukering, Irfan Bachdim.

Sumber:bbc