Perselingkuhannya Terbongkar, Direktur CIA Mundur

by -5 views
Foto:REUTERS/Yuri Gripas/Files

Akibat skandal perselingkuhannya terbongkar, Direktur Badan Intelijen Pusat AS (CIA) David Petraeus, menyatakan mengundurkan diri dari posisinya. Dia mengatakan, tindakannya ini telah mencoreng citra CIA dan merusak karakternya.

Diberitakan Reuters, Jumat, 9 November 2012, pengunduran dirinya disampaikan langsung kepada Presiden Barack Obama pada Kamis lalu. Dia meminta izin untuk mengundurkan diri karena alasan pribadi.

“Setelah menikah lebih dari 37 tahun, saya menunjukkan perilaku yang buruk dengan terlibat perselingkuhan. Perilaku ini tidak bisa diterima, baik sebagai suami maupun sebagai pemimpin organisasi,” kata Petraeus.

Obama mengatakan bahwa dia telah menerima dan mengabulkan permohonan pengunduran diri Petraeus. Obama juga menyatakan menghargai keputusan tersebut dan memuji Petraeus selama dia bertugas di CIA dan saat memimpin pasukan AS di Irak dan Afganistan.

“Saya yakin CIA akan terus berjuang dan bisa melanjutkan misi-misi penting,” kata Obama dalam pernyataannya.

Belum diketahui pasti perihal skandal perselingkuhan yang dilakukan Petraeus dan mengapa dia baru mengundurkan diri sekarang. Skandal ini terbongkar beberapa bulan lalu saat FBI melakukan investigasi atas sebuah kasus.

Sebenarnya tidak ada peraturan apapun yang dilanggar oleh Petraeus, karena masalah perselingkuhan sama sekali tidak diatur dalam kode etik CIA. Tindakan ini akan termasuk pelanggaran jika perselingkuhan atau hubungan asmara dilakukan dengan agen intelijen asing yang akan mengancam keamanan negara.

Petraeus telah menjabat sebagai direktur CIA selama 14 bulan. Dia juga pernah memimpin Komando Pusat AS dan tentara NATO di Afganistan. Posisinya akan digantikan oleh wakil Direktur CIA Michael Morell.

Sumber:viva.co.id