MENUJU JABAR 1 : Pengundian nomor urut Pilgub Jabar tanggal 18 Desember

by -4 views
Foto : merdeka.com
Foto : merdeka.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat akan menetapkan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur pada 17 Desember 2012. Sehari berikutnya, KPU akan mengundi nomor urut dari pasangan yang telah ditetapkan, di Auditorium Sabuga, Bandung.

Rencananya KPU Jabar akan merangkul sejumlah simpatisan seperti Organisasi Masyarakat (Ormas), LSM, juga pendukung setiap pasangan yang dibatasi hingga 200 orang.

KPU Jabar mengusung ‘Pesta Rakyat’ dalam pemilihan gubernur kali ini. Pemilihan tema itu agar pelaksanaan Pilgub berlangsung santai tapi tetap demokrasi.

“Bahwa kita di sini itu bukan mau perang, tapi sama-sama bersama rakyat untuk mengetahui siapa calon yang memang pantas dipilih, jadi kita ingin libatkan stakeholder sebanyak mungkin,” katanya di KPU Jabar, Bandung, Jumat (14/12).

Menurutnya dengan cara merangkul banyak stake holder dalam pengundian nomor urut Cagub dan Cawagub, bagian dari upaya mensosialisasikan juga.

“Ini bagian dari upaya sosialisasi juga, karena ini untuk menekan Golput,” tandasnya.

Pada 18 Desember itu, dia menjelaskan, selain pengundian nomor urut kepada lima pasangan Cagub dan Cawagub, ada juga rapat pleno terbuka penetapan no urut, dan penyerahan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Hingga kini KPU Jabar sendiri sudah mengantungi lima pasangan Cagub dan Cawagub. Mereka adalah Dede Yusuf – Lex Laksamana, Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar, Rieke Diah Pitaloka – Teten Masduki, Irianto MS Syafiuddin – Tatang Farhanul Hakim, dan satu-satunya dari independent adalah Dikdik Mulyana Arif Mansyur – Cecep NS Toyib.

Sumber : merdeka.com