Agrowisata Salak Pondoh, Kota Tasik Benahi Infrastruktur Pendukung

by -9 views

salaktasikKota Tasikmalaya akan menjadikan kebun salak Pondoh Tasikmalaya (Salak Pontas) di Kelurahan Ciakar, Kecamatan Cibeureum, sebagai objek wisata pertanian atau agrowisata.

Kini fasilitas pendukung sudah mulai dibangun antara lain akses jalan juga gapura memasuki kebun salak.

Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengatakan anggaran untuk pembangunan fasilitas agrowisata sudah direalisasikan pada tahun ini seperti Rp500 juta untuk penebalan jalan utama di Kelurahan Ciakar sepanjang 2 kilometer.

Selain itu, jalan usaha tani yang mengelilingi kebun salak sepanjang 4 km akan segera dibangun.

“Kami akan mengalihkan biaya pemeliharaan jalan untuk pengaspalan jalan usaha tani yang mengelilingi kebun salak Pontas ini,” ungkap Budi, dalam peresmian Gapura Agrowisata Salak Pontas, Kamis (17/1).

Dia mengatakan selain anggaran pemerintah, agrowisata juga akan didukung perusahaan besar dalam bentuk CSR.

Penanaman salak diupayakan tersentral di Kelurahan Ciakar supaya menjadi ciri khas daerah dan pengunjung terkonsentrasi ke daerah tersebut.

“Di samping itu, masing-masing daerah di Kota Tasikmalaya diharapkan punya ciri khas sendiri. Di sini, kami berharap komitmen para petani dalam bertani juga dalam petapan harga salak. Untuk promosi,  jangan sampai hanya keluar daerah, sementara urang Tasik sendiri belum banyak yang tahu,” katanya.
sumber:bisnis-jabar.com