Posko Evakuasi Jika Banjir Cibitung tak Surut dalam Dua Hari

by -10 views

1501posko-banjirKepala Seksi Penanggulangan Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Agus Suparno mengatakan, apabila dampak dari banjir kali ini melumpuhkan aktivitas warga selama dua hari ke depan, maka pihaknya pun akan langsung mendirikan posko siaga bencana di beberapa wilayah tersebut.

“Kalau dalam jangka waktu 2 hari 2 malam ini air tidak surut, maka kami akan segera melayangkan surat ke Bupati terkait siaga banjir dan segera mengevakuasi penduduk. Kami pun akan langsung menyediakan persediaan makanan apabila banjir tidak kunjung reda dalam rentang waktu tersebut. Sejauh ini, banjir yang terjadi masih bisa tertangani dan belum menimbulkan dampak yang besar,” kata Agus saat meninjau di lokasi banjir di Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (15/1/13).

Dikatakan Agus, hingga saat ini pihaknya akan terus mengkaji dampak kejadian banjir yang terjadi di 5 wilayah kecamatan di Kabupaten Bekasi tersebut.

Seperti diketahui, hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Selasa (15/1) dini hari, berakibat sedikitnya 5 wilayah di Kabupaten Bekasi terendam banjir. Kelima titik banjir tersebut yakni di Kecamatan Cibitung, Tambun Selatan, Tambun Utara, Cikarang Utara, dan Cikarang Timur.

Sebagian besar, wilayah yang terendam banjir berada di pinggiran sungai yang mengalir di Kabupaten Bekasi. Selain itu, genangan air pun terjadi di beberapa permukiman warga yang ditimbulkan dari buruknya drainase.

Salah satu wilayah yang terendam banjir cukup parah, terjadi di wilayah Kecamatan Cibitung, tepatnya di kompleks perumahan Villa Mutiara dan Mustika Wanasari yang berada di pinggir Sungai Sadang. Sedikitnya 1.200 rumah terendam banjir akibat luapan air dari Sungai Sadang itu dengan ketinggian genangan air mencapai 1,7 meter. (A-198/A-88)***

Sumber:pikiran-rakyat.com