Asteroid Pembunuh Kota Menuju Bumi 15 Februari Mendatang

by -7 views

asteroid-1Sebuah asteroid raksasa dipastikan oleh lembaga antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, akan melewati bumi dalam jarak cukup dekat pada 15 Februari 2012 mendatang.

Dalam siaran persnya, Rabu (6/2/2013), NASA mengatakan asteroid 2012 DA14 akan melintas melewati bumi dengan jarak sekitar 27.400 kilometer. Dengan jarak itu, beber NASA posisi asteroid jauh lebih dekat dibandingkan satelit-satelit yang mengorbit di bumi.

Walau demikian NASA menyatakan asteroid DA 14, tidak membahayakan kehidupan di bumi maupun satelit yang mengorbit di bumi, meskipun pada akhirnya akan menabrak planet lain di jajaran tata surya.

Asteroid DA14 ditemukan oleh seorang dokter gigi Spanyol yang beralih profesi menjadi pemburu asteroid amatir. Dia merupakan bagian dari pengamat asteroid untuk sistem peringatan dini NASA.

Menurut seorang mantan astronot, Tom Jones mengatakan lebih dari satu juta asteroid di ruang angkasa yang memiliki besar seperti asteroid 2012 DA14.

Dengan ukuran maha besar, asteroid berjulukan pembunuh kota itu mampu menghancurkan satu kota jika mendarat di bumi. Walau demikian NASA memperkirakan peluang itu sangatlah kecil yaitu satu persen. (skynews.com)