MENUJU JABAR 1 : Hari Ini, KPK Verifikasi Harta Dede Yusuf dan Cecep

by -0 views

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan verifikasi harta kekayaan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Rabu (23/1/2013). Kali ini, lembaga antikorupsi itu akan mendatangi kediaman calon gubernur Yusuf Macan Effendi (Dede Yusuf) dan calon wakil gubernur Cecep Nana Suryana Tojib.

“Petugas KPK akan mendatangi kediaman keduanya,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha.

Kediaman Dede beralamat di Jalan Ir Haji Juanda, Nomor 148, RT 003 RW 011, Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Sementara Cecep tinggal di Jalan Anggar (BTN Lama) Nomor 27/41 RT 001 RW 05, Keluarahan Karanganyar, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Petugas KPK akan mengecek kebenaran antara harta yang dilaporkan keduanya beberapa waktu lalu dengan kondisi pasti di lapangan. Nantinya, hasil verifikasi ini akan diteruskan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah. Kelima pasang Cagub dan Cawagub akan diminta mendeklarasikan harta kekayaannya serta menandatangani pakta integritas.

Adapun Dede dan Cecep merupakan calon terakhir yang diverifikasi hartanya oleh KPK. Verifikasi harta calon-calon lainnya sudah dilakukan pada Senin (21/1/2013) dan Selasa (22/1/2013). Dari hasil sementara, diketahui kalau Dikdik Mulyana Arif Mansyur merupakan calon gubernur dengan nilai harta tertinggi. Harta Dikdik mencapai Rp 30,5 miliar dan 99.000 dollar AS.

Sementara Cagub lainnya, yakni Rieke Diah Pitaloka, diketahui memiliki harta Rp 2,7 miliar, kemudian Ahmad Heryawan Rp 4,5 miliar dan 36.000 dollar AS, sedangkan nilai harta Irianto SM Syaifuddin masih dalam pengolahan KPK.

Selain Cagub, KPK sudah melakukan verifikasi harta kekayaan beberapa calon wakil gubernur. Cawagub yang sudah diverifikasi dan diketahui nilai hartanya adalah Deddy Mizwar Rp 27 miliar dan 35.122 dollar AS, Lex Laksamana senilai Rp 7,3 miliar, Teten Masduki sebesar Rp 1,4 miliar, serta Tatang Farhanul Hakim sekitar Rp 5,7 miliar.  (*)

Editor : dar
Sumber : Kompas