FIFA: Laga Indonesia Lawan Belanda Digelar 7 Juni 2013

by -2 views

20130322_Raphael_Maitimo_Latihan_Timnas_Pra_Piala_Asia_2015_3600Pertandingan bersejarah antara Timnas Indonesia melawan Belanda dipastikan bakal terwujud. Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) sudah merilis jadwal laga ujicoba internasional.

Di situs resmi FIFA, pertandingan antara kedua negara yang memiliki kedekatan sejarah itu akan dilangsungkan di Jakarta pada 7 Juni 2013.

Sepanjang perjalanan sejarah sepak bola kedua negara, Indonesia belum pernah melawan Belanda. Pertandingan ini tentunya sangat dinanti oleh masyarakat pecinta sepak bola kedua negara.

Pelatih timnas Belanda, Louis Van Gaal mengaku, antusias untuk memimpin Drik Kuyt dkk bertanding melawan Indonesia.

Dia tidak sabar membawa pemain De Oranje menjumpai fans di Indonesia dan merasakan pengalaman di Indonesia. “Selain kaya budaya, ada kedekatan sejarah di antara dua negara yang menjadikan kunjungan nanti akan terasa lebih spesial,” katanya dalam situs resmi Federasi Sepakbola Belanda (KNVB).

Sementara itu, pemain naturalisasi asal Belanda, Raphael Maitimo mengungkapkan, keinginannya untuk bermain pada laga ujicoba internasional tersebut.

Seperti diketahui, Raphael Maitimo lahir di Rotterdam, Belanda 17 Maret 1984. Dia pernah memperkuat timnas U-16 Belanda pada 1999-2000. Bersama U-16 Belanda, pemain berusia 29 tahun ini mencatatkan lima penampilan untuk ajang persahabatan.

Menginjak usia dewasa, mantan pemain Persires Bali Devata itu memilih untuk melakukan proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia.

Kemudian dia dipanggil memperkuat Timnas Indonesia pada Piala AFF 2012. Dia mencetak debut pertama di timnas saat pertandingan Indonesia melawan Laos. Ketika itu dia mencetak gol dan membawa Indonesia dari kekalahan.

“Kalau dipanggil ke timnas, saya pasti datang. Saya ingin membela Indonesia saat berhadapan dengan Belanda nanti,” katanya.

Beberapa pemain Timnas Belanda yang memperkuat klub-klub besar Eropa dipastikan berkunjung ke tanah air. Mereka yaitu, Robin van Persie, Wesley Sneijder, Arjen Robben, Klaas Jan Hunteelar, Dirk Kuyt, dan Rafael van der Vaart.

Kedekatan sejarah antara kedua negara membuat pertandingan ini menarik. Seperti diketahui, beberapa pemain naturalisasi asal Belanda pernah membela Timnas Indonesia. Mereka di antaranya, Jhonny van Beukering, Raphael Maitimo, Sergino van Dijk, dan Tonnie Cusell.

Sumber + Foto : tribunnews.com