Hari Bumi, WALHI Ajak Masyarakat Antikonsumtif

by -22 views

20120605_020907_walhiMemperingati Hari Bumi, Walhi Jawa Barat menggelar aksi diam mengajak masyarakat untuk antikonsumtif, kemarin. Aksi digelar oleh delapan orang yang lehernya dikalungi poster bertuliskan

“Bumi ini cukup untuk satu orang tapi kurang untuk seorang serakah”. Poster lainnya yang dikenakan demonstran perempuan “Kembalikan Hutanku”, juga “1 Orang=2 kilogram”. Aksi diam berlangsung di depan Mal Bandung Indah Plaza (BIP) Jalan Merdeka sekitar pukul 10.00–11.00 WIB. Seusai aksi tersebut, demonstran berjalan kaki menuju jembatan Viaduct Jalan Perintis Kemerdekaan.

“Aksi ini diangkat karena banyak warga yang mengonsumsi barang atau makanan secara berlebihan. Padahal bila tidak berlebihan, sampah pun bisa dikurangi,” ujar Bidang Advokasi dan Kampanye Walhi Jabar Dwi Sawung yang membuka suara kepada wartawan. Dia mengatakan, hal sepele seperti membuang sisa-sisa makanan adalah perilaku over konsumsi pangan. “Makanan haruslah dihabiskan. Kalau bersisa, sisanya akan jadi sampah. Begitu juga baju, yang enggak fashionable, meski layak pakai tapi dibuang. Atau HP, karena sudah jadul padahal masih berfungsi bagus, dibuang. Jadi, menjadi sampah dan menimbulkan masalah lingkungan,” tutur Sawung.

Walhi berharap, masyarakat untuk tidak mengonsumsi sesuatu secara berlebihan lagi. Mengingat di Bandung ini saja, sampah masih jadi masalah dan 60%-nya adalah sampah organik. “Kalau konsumsinya baik, bisa ditangani. Untuk permasalahan sampah ini, kita bisa berbuat dengan jangan over konsumsi, sederhana saja,” ujar Sawung. gita pratiwi/ tommi andryandy.

sumber:koran-sindo.com