Persib, Perbaiki Rekor Tandang lawan Persepam & Persela

by -21 views

20130427 jbr sport (PERBAIKI REKOR TANDANG!)Persib Bandung dituntut memperbaiki rekor tandang mereka saat menjalani dua laga terakhir putaran pertama Indonesia Super League (ISL) 2013. Apalagi, lawan yang nantinya dihadapi bukan tergolong tim kuat di kompetisi tahun ini.

Menyongsong paruh musim, Firman Utina dkk akan menjalani tur Jawa Timur untuk menjajal Persepam Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, besok, dan Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Kamis (2/4). Melihat perbandingan di papan klasemen, kedua tim tersebut berada di bawah Maung Bandung.

Persepam saat ini bercokol di peringkat 11. Dari 16 kali bertanding, mereka meraup 20 poin, hasil dari 5 kemenangan, 5 seri, dan 6 kali kalah. Tak terpaut jauh, Persela kini tertahan di peringkat 13 dengan 15 poin. Sepanjang 15 laga yang dilalui, Persela hanya mampu meraih 4 kali menang, 3 kali seri, dan 8 kekalahan. Kondisi tersebut berbeda jauh dengan Persib yang semakin kokoh di papan atas.

Maung Bandung menempati peringkat 4 dengan 30 poin dengan 9 kali menang, 3 seri, dan 3 kekalahan. Perbaikan rekor tandang mutlak harus dilakukan. Meski secara keseluruhan Persib perkasa dalam mayoritas pertandingan yang dilakoni, poin Maung Bandungdi markas lawan sangat minim. Dari enam laga tandang musim ini, Maung Bandungtiga kali menelan kekalahan dan dua hasil seri.

Persib hanya mengantongi satu kemenangan, itu pun saat melakoni derbykontra Pelita Bandung Raya (PBR) di mana seisi stadion dipenuhi Bobotoh. “Dilihat dari level kekuatan, Persepam dan Persela memang di bawah kami. Tapi, bukan berarti semangat para pemain akan mengendur, justru harus menjaga fighting spirit. Karena Persib juga memiliki masalah dalam pertandingan away.

Mental para pemain Persib belum bagus saat berlaga di markas lawan. Jadi, ini kesempatan kami untuk memperbaikinya,” tutur Pelatih Persib Djadjang ‘Djanur’ Nurdjaman di mes pemain Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung. Djanur juga menyebut enam kemenangan beruntun yang diperoleh Maung Bandung merupakan modal bagus untuk mencuri poin di Madura dan Lamongan.

Namun, dia mengingatkan anak asuhannya agar tidak overconfident, apalagi sampai menganggap enteng lawan. “Kondisi tim kami sedang bagus. Skuad tampak percaya diri dan menikmati permainan. Semoga dengan semakin baiknya kondisi tim, kami bisa tampil bagus dan bermain lepas di tur Jatim nanti. Tapi, saya yakin para pemain tidak akan overconfident. Mereka menyadari bahwa mental tandang mereka belum bagus,” tutur Djanur.

Legendaris Persib era 1980-an ini mengatakan, tiga kekalahan yang dialami timnya saat laga tandang bukan karena penampilan buruk. Menurut Djanur, Sergio van Dijk dkk sudah memperlihatkan permainan apik yang merepotkan tuan rumah. Namun, terdapat kesalahankesalahan kecil yang ternyata berujung pada akibat fatal.

Tiga kekalahan Maung Bandungmasingmasing diperoleh saat bertandang ke markas Sriwijaya FC, Persisam Putra Samarinda, dan Mitra Kutai Kartanegara. “Kami tetap yakin bisa meraih poin dari tur Jatim ini. Meski di tiga pertandingan tandang kami kalah, para pemain sebenarnya tampil bagus. Kekalahan itu hanya karena faktor lain,” pungkasnya. ● gugum rachmat gumilar

sumber:koran-sindo