Jalan Diperbaiki Pekan ini Tanpa Perbaikan Drainase

by -10 views
ILUSTRASI perbaikan jalan
ILUSTRASI perbaikan jalan

Proyek perbaikan jalan dimulai pekan ini di enam ruas jalan, tapi  tidak diiringi perbaikan saluran air (drainase). Dari 110 paket pengerjaan jalan, hanya proyek di Jalan Jenderal Ahmad Yani ada perbaikani drainase dan kirmir sungai.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Iming Ahmad mengatakan, enam lokasi akan diperbaiki dengan beton yakni Jalan Elang Raya, Sukahaji, dan Bumi Asih Raya. Sementara, pengaspalan akan segera dilakukan di Jalan Ahmad Yani, Pahlawan dan Dirgantara.

Menurut Iming, untuk perbaikan drainase di Jalan Ahmad Yani telah disediakan 28 paket pengerjaan, dan dikelola pemenang lelang. Menurutnya, perbaikan drainase ini dibutuhkan karena sistem pengaliran air di Kota Bandung sudah rusak parah oleh tumpukan sampah dan sedimentasi sehingga terjadi penyempitan dan pendangkalan. “Pengerukan sampah sudah dilakukan sejak Januari di 52 titik,” ujar Iming.

Saat ini telah dibuka lelang 50 proyek perbaikan drainase di antaranya di Rancabolang Kecamatan Gedebage, Jalan Puskesmas Cempaka Arum, Jalan Terusan Buah Batu, Jalan Cihampelas (Wastukancana-Padjajaran), dan lainnya. “Perbaikan drainase dipaketkan dengan perbaikan trotoar dan peningkatan jalan,” ujar Iming.

Sebaliknya, dari 330 paket perbaikan jalan yang dilelang hanya sebagian kecil yang disertai perbaikan drainase.

Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Entang Suryaman menyesalkan masih ada perbaikan jalan tidak disertai perbaikan drainase. “Seharusnya perbaikan jalan satu paket dengan drainase apalagi anggaran perbaikan jalan tahun 2013 cukup besar Rp 300 miliar. (*)

sumber:tribunnews.com