Pekan Penentuan Juara Barcelona

by -1 views
Barcelona (zimbio)
Barcelona (zimbio)

Legenda sepakbola dunia, Helenio Herrera, pernah mengutarakan kalimat fenomenal, “Tim bisa menang tanpa turun dari bus.” Barcelona bisa melakukan hal ini pada akhir pekan nanti.

Lionel Messi dan kawan-kawan bisa memastikan diri sebagai juara La Liga, sebelum memulai pertandingan melawan Atletico Madrid di Vicente Calderon, Minggu 12 Mei 2013. Syaratnya, Real Madrid harus seri atau kalah di markas Espanyol, sehari sebelumnya.

Barca di singgasana kini telah mengoleksi 88 poin dari 34 laga. Adapun Madrid di posisi dua mengoleksi 80 angka dari 35 pertandingan. Jika Madrid gagal menang, maka mereka dipastikan kehilangan gelar karena tak mungkin mengejar poin Barca di dua laga tersisa.

Adapun jika Madrid menang, Barca juga tetap bisa memastikan gelar juara jika mereka mampu mengalahkan Atletico. Namun, ini takkan mudah terealisasi. Atletico merupakan tim yang menakutkan di kandang mereka.

Dari 17 partai kandang musim ini, Radamel Falcao dan kawan-kawan sanggup meraih 14 kemenangan, 1 seri dan baru 2 kali kalah. Intinya, Los Rojiblancos punya rekor yang cukup bagus di markas sendiri.

Azulgrana Tanpa 2 Pilar

Dalam laga nanti, Barca sedikit pincang. Dua pilar di lini belakang bakal absen. Mereka adalah Victor Valdes dan Javier Mascherano. Mascherano sebenarnya sudah mulai latihan, namun ia belum siap langsung turun di partai menentukan seperti ini.

Peran pemain asal Argentina itu akan digantikan Marc Bartra. Adapun Valdes masih dalam perawatan usai menderita cedera kaki pekan lalu. Tugasnya di bawah mistar akan digantikan kiper kedua, Jose Pinto.

Atletico sendiri sebenarnya diprediksi takkan tampil ngotot di laga ini. Mereka sudah memastikan diri lolos ke Liga Champions sejak pekan lalu. Selain itu, Los Colchoneros di pekan berikutnya juga akan duel dengan Madrid di final Copa del Rey.

Maka, ada kemungkinan Atletico bakal mengistirahatkan beberapa pemain di laga nanti. Meski demikian, tampil di depan publik sendiri selalu membangkitkan gairah Tiago Mendes dan kawan-kawan. Mengalahkan calon juara seperti Barcelona tentu akan jadi penutup musim yang indah bagi tim asuhan Diego Simeone tersebut.

Barca Pertahankan Dominasi

Jika jadi juara La Liga, maka Barca memastikan gelar juara keempat mereka dalam lima tahun terakhir. Cuma Madrid yang mampu “mencuri” gelar La Liga dari tangan Andres Iniesta dan kawan-kawan musim lalu.

Secara keseluruhan, jika juara, ini akan menjadi gelar ke-22 Barca. Azulgrana sukses menipiskan selisih total gelar dengan Real Madrid yang telah mengoleksi 32 trofi.

“Kami hanya memikirkan tentang memenangi liga pada hari Minggu. Tapi, jika kami sudah memenanginya pada hari Sabtu, itu juga tetap penting,” kata gelandang Barca, Sergio Busquets seperti dilansir sportsillustrated.

“Fans Barcelona sangat bangga dengan gelar ini ini dan mereka menginginkan kami untuk memenangi lebih banyak trofi.”

Perkiraan Susunan Pemain
Atletico Madrid:
Thibaut Courtois; Juanfran, Diego Godin, Joao Miranda, Filipe Luis; Mario Suarez, Koke, Oliver Torres, Tiago Mendes; Radamel Falcao, Arda Turan

Barcelona: Jose Pinto; Dani Alves, Marc Bartra, Gerard Pique, Jordi Alba; Sergio Busuqets, Xavi, Andres Iniesta; Pedro, Lionel Messi, David Villa

sumber:vivanews.