SMA Al Ma’soem Raih Perunggu Dalam ISPrO

by -17 views

06-DSC06410-uploadSMA Al Ma’soem Jln. Raya Rancaekek berhasil meraih medali perunggu dalam ISPrO (International Science Project Olympiad) yang berlangsung di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok. Lomba diikuti para siswa usia 13-18 tahun dari 25 negara kerja sama antara Kemendikbud dengan Pasiad Turki (Asosiasi solidaritasbidang Sosial Ekonomi Negara-negara Pasifik).

“Tujuan ajang lomba untuk memunculkan para peneliti muda tingkat SMA untuk menemukan permasalahan Kimia, Biologi dan Fisika lingkungan dan mencari solusinya,” kata Pembimbing Tim SMA Al Ma’soem. Rahman Hakim, dalam konferensi pers dengan pafra wartawan, Minggu (26/5/2013).

Peserta yang ikut serta dalam olimpiade ini sebanyak 91 tim yang berasal dari dari 25 negara di antaranya dua tim Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Al Masoem mewakili Indonesia dalam ajang ini. “Jumlah tim dari Indonesia yang ikut dalam olimpiade ini sebanyak 15 tim dengan wakil dari dari Jawa Barat sebanyak tiga tim.Tim pertama SMA Al Ma’soem terdiri atas Hanny Farhana ( kelas XI IPA 4) dan Tias Ravena Maitsa (Kelas XI IPA 1) memperoleh medali perunggu (Bronze Medal),” ujarnya.

Hanny dan Raverna meneliti tentang Fisika Lingkungan (Enviromental Physic) dengan judul project : Desigining and Building Model of Solar Distiller System Using Microfiber Cloth and Asphalt. “Tim ini sebelumnya melaih medali perunggu bidang fisika pada ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) tahun 2013,” ucapnya.

Tim Kedua yang terdiri atas Lina Nafisah (kelas XI IPA 3) dan Luthfiana Fitri Febrianingtyas (kelas XI IPA 1) memperoleh medali perunggu (Bronze Medal ) meneliti tentang Biology Lingkungan (Environmental Biology) dengan judul project : The Use of Wild Spinach (Acalypka Indica) as Bioindicator of Air Pollution. “Tim ini sebelumnya peraih penghargaan pemakalah terbaik pada Olympiade Penelitian Siswa (OPSI) tahun 2012,” tambahnya.

Menanggapi dua tim SMA Al Ma’soem meraih medali perunggu, Ketua Yayasan Pendidikan Al Ma’soem H Nanang Iskandar Ma’soem SE, MS. mengtatakan, sangat bangga dengan prestasi yang diperoleh. “Dari tim tim asal Jawa Barat yang mewakili Indonesia, maka dua di antaranya dari Al Ma’soem. Semoga dengan prestasi tersebut bisa menjadi penyemangat untuk siswa lainnya untuk lebih berprestasi, dan membawa nama Al Ma’soem ke tingkat Internasional,” katanya.(A-71/A-147)***

sumber:pikiran-rakyat.com