Tak Lama Lagi Mimpi Bisa Dilihat

by -3 views
ilustrasi
ilustrasi

Tampaknya, tak lama lagi apa yang kita mimpikan dalam tidur bisa muncul dalam bentuk gambar, dan dilihat orang lain.

Dengan functional magnetic resonance imaging (fMRI), algoritma, dan internet, para peneliti dari Kyoto, Jepang bisa memerediksi dengan akurasi 60 persen, apa yang sedang dimimpikan orang ketika tidur.

Cara melakukannya tidak rumit; otak kita bereaksi berbeda pada rangsangan yang berbeda. Melihat gedung atau buku, reaksinya berbeda.

Maka, tim dari Kyoto meneliti tiga orang dalam keadaan tidur, melalui proses fMRI selama tiga jam dalam 10 hari. Para subjek ditempeli alat electroencephalography (EEG), yang menggunakan sinyal elektronik dari tubuh, untuk melacak level tidur mereka.

Setelah beberapa menit tidur, mimpi mulai muncul. Ilmuwan lalu membangunkan subjek dan menanyai apa yang mereka lihat. Ilmuwan menulis 20 hal umum yang diceritakan. Lalu, dicari gambar yang mewakili di internet, dan ditunjukkan pada subjek, tapi masih ditempel alat fMRI. Lantas, datanya dibaca.

Data tersebut diubah menjadi algoritma pembelajaran. Ketika subjek tidur lagi, algoritmanya memunculkan gambar-gambar yang ada. Subjek lalu dibangunkan, ditanya mimpi apa yang mereka baru alami, dan dicocokkan dengan hasil algoritma. Ternyata, sebanyak 60 persen jawabannya tepat.

Pada 2011, ada penelitian dari tim lain yang mirip, yakni memindai subjek ketika keadaan sadar, dan otak mulai merekonstruksi video klip yang mereka tonton. Ini penelitian yang menarik, walau akan mengesalkan bagi subjek yang harus tidur lalu dibangunkan berkali-kali. (*)

sumber:tribunnews.com