Pembangunan Jabar tidak Hanya oleh Pemprov

by -6 views

westjava-map-highPembangunan di Jawa Barat (Jabar) tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar. Soalnya selain Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jabar, juga terdapat sokongan anggaran dari nasional dan kab/kota di Jabar.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Wawan Ridwan dalam acara Pembahasan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2013-2018 dan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2014 di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar Jalan Ir. H. Juanda, Kota Bandung, Senin (15/7/2013).

“RPJMD benang merah pembangunan. Ini punya kaitan dan sinergi dengan nasional dan kab/kota. Pembangunan Jabar tidak hanya oleh pemprov atau APBD tetapi ada Rp71 triliun dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional), Rp40-50 triliun dari APBD kab/kota, dan Rp16 triliun dari APBD pemprov,” kata Wawan.

Oleh karena itu, Wawan mengingatkan harus ada sinergi organisasi pemerintah daerah (OPD) dan kab/kota untuk membangun Jabar. (pikiran-rakyat)***