2013, LIPI butuh 250 CPNS

by -7 views

YeYgbMdUvxPada tahun 2013 ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuka lowongan bagi 250 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), untuk kandidat fungsional peneliti dan non peneliti, setelah dua tahun terakhir ini, 2011-2012, tak memperoleh formasi CPNS.

Informasi tersebut disampaikan LIPI melalui Sistem Informasi Penerimaan CPNS (SIPC) LIPI, yang bisa diakses melalui www.lipi.go.id.

Proses lamaran CPNS LIPI hanya dilakukan secara online, yakni melalui situs lipi.go.id.

Dengan sistem ini, diharapkan proses penerimaan CPNS LIPI bisa dilakukan dengan lebih mudah, murah dan terbuka, baik bagi calon pelamar, Panitia Penerimaan CPNS LIPI maupun masyarakat.

“Dari hasil pemeringkatan ujian tulis, untuk ujian psikotes dan wawancara akan dipanggil lebih kurang 5 kali jumlah formasi untuk setiap bidang kompetensi,” bunyi pengumuman LIPI itu seperti tertera di laman Setkab.go.id, Kamis (22/8/2013).

LIPI juga menegaskan, bagi pelamar yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi dan telah ditetapkan sebagai CPNS, tetapi mengundurkan diri diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh Negara yang besarnya akan diumumkan kemudian.

Adapun mengenai kepastian final formasi, pembukaan registrasi pelamar serta jadwal pelaksanaan seleksi akan diumumkan kemudian.

Sebelumnya Kepala LIPI Profesor Lukman Hakim menegaskan, penerimaan CPNS LIPI hanya akan mencari kandidat yang terbaik, dan yang siap dikirim belajar lagi agar mendapatkan pendidikan yang baik.

Ia menegaskan, para CPNS yang lolos seleksi akan dikirim sekolah ke luar negeri. LIPI berharap mereka mendapatkan pendidikan lebih baik. Tujuannya, LIPI bisa menghasilkan peneliti yang dapat meningkatkan pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

“Syarat untuk bisa lolos seleksi utamanya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Termasuk salah satu daya tarik dari teman-teman bisa melanjutkan sekolah lagi,” jelas Lukman di Jakarta, belum lama ini.

Ia menyebutkan, dalam lima tahun terakhir saat ia menjabat sudah 700 orang direkrut, 460 orang di antaranya yang telah menyelesaikan studi di luar negeri.(sindonews.com)