Pencanangan Koperasi Seniman dan Budayawan Jabar

by -9 views

2308didi-petet-koperasiWakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mencanangkan pembentukan Koperasi Seniman dan Budayawan Jawa Barat pada Puncak Acara Peringatan Hari Koperasi Indonesia ke-66 Tingkat Provinsi Jawa Barat di kawasan Tugu Koperasi Indonesia, Jln Moh Hatta, Kota Tasikmalaya, Jumat (23/8/2013). Hadir seniman senior Didi Petet, Ketua Koperasi Pelestari Budaya Nusantara yang pertama kali mendirikan koperasi yang mewadahi seniman dan budayawan.

Menurut Deddy, deklarasi koperasi seniman dan budayawan Jabar mendorong peningkatan kreativitas, produktivitas koperasi yang berbasis seni dan budaya. Hal itu tidak hanya menggelorakan semangat koperasi pada budayawan dan seniman tapi ada multiplier effect peningkatan ekonomi secara keseluruhan.

“Pembentukan koperasi budayawan dan seniman di Jabar ini pada intinya bagimana agar karya para seniman dan budayawan muncul di masyarakat. Seperti bagaimana agar sastrawan dan penulis bukunya terbit, teater pentas, perupa/pelukis. Semua tujuan sama bagaimana buka ruang ekspresi untuk mereka,” katanya.

Sementara itu, Didi Petet yang mendirikan koperasi pelestari budaya nusantara mengatakan, koperasi penting untuk memajukan seniman dan budayawan.

“Selama mereka bekerja, mereka tidak kepikiran bahwa budaya bisa dibanggakan untuk ekonomi. Melalui koperasi ingin bantu seniman dan budayawan di seluruh nusantara bukan Jabar saja,” ujarnya.(pikiran-rakyat)