Di Bogor, Hari Pencoblosan Ditetapkan Sebagai Hari Libur

by -8 views

Sabtu, 14 September ditetapkan sebagai hari libur.

INGAT 14Guna memberikan kesempatan kepada warga Kota Bogor menggunakan hak pilihnya di TPS-TPS, Pemerintah Kota Bogor menetapkan hari Sabtu, 14 September 2013, sebagai hari libur.

Penetapan hari libur Sabtu 14 September 2014, tertuang dalam dalam Surat Edaran Walikota Bogor dengan No. 270/2388-Pem perihal Penetapan hari Libur dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bogor 2013.

Surat walikota Bogor itu telah disebarkan kepada seluruh pimpinan OPD se-Kota Bogor, para pimpinan Instansi dan Dinas vertikal, pimpinan BUMN dan BUMD serta pimpinan perusahaan swasta se-Kota Bogor.

“Penetapan hari Sabtu tanggal 14 September 2013 sebagai hari libur dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada warga Kota Bogor yang mempunyai hak pilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya di TPS yang telah disediakan, sesuai dengan domisili dan Daftar Pemilih Tetap (DPT),” kata Walikota Bogor Diani Budiarto dalam kutipan Surat Edaran yang dikeluarkan sejak 6 September 2013.

Plt Sekretaris Daerah Kota Bogor Ada Sarip Hidayat selaku Ketua Desk Pilwakot Bogor mengatakan, bahwa penetapan hari sabtu 14 September 2013 sebagai hari libur merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pemilu nanti.

“Pekerjaan ini memang tidak mudah mengingat terus menurunnya angka partisipasi masyarakat dalam setiap gelaran pesta demokrasi. Namun kita perlu merasa optimistis ketika semua potensi kita kerahkan, maka partisipasi masyarakat Kota Bogor dapat berada pada tataran optimal,” kata Ade dalam Konferensi Pers di Ruang Rapat I Balaikota Bogor, Kamis (12/9/2013).

Dirinya berharap agar KPU Kota Bogor bekerja semaksimal mungkin pada masa tenang ini untuk mendorong tingkat kesadaran masyarakat Kota Bogor secara kolektif agar datang ke TPS.

Peran yang sama diharapkan juga dilakukan oleh keluarga besar Panwaslu, parpol dan kelima pasang calon beserta tim sukses, bersama tokoh masyarakat dan media massa.

sumber: beritabogor.com