Dua Elang Jawa Milik Warga Dievakuasi

by -10 views
ilustrsi Elang Jawa/photo google
ilustrsi Elang Jawa/photo google

Tim perkumpulan suaka elang dari Taman Nasional Gunung Salak mengevakuasi enam ekor burung milik warga Buniwangi, Desa Bojongherang, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, Selasa (17/9). Dua di antaranya, yakni burung Elang Jawa yang merupakan spesies langka dan terancam punah.

Berdasarkan pantauan Tribun, evakuasi dilakukan tiga orang dari perkumpulan suaka elang. Mereka memasukan keenam ekor burung itu ke dalam sangkar. Rencananya keenam burung itu akan direhabilitasi untuk kembali ke alamnya.

“Sebelumnya direhabilitasi di tempat kami, akan dicek kesehatan terlebih dulu,” kata pengelola perkumpulan suaka elang, Gunawan, kepada Tribun usai melakukan evakuasi beberapa saat lalu.

Evakuasi tersebut juga disaksikan petugas dan pejabat dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Wilayah VI. Adapun jenis burung yang diserahkan itu, yakni Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi), Elang Brontok (Spizaetus Cirrhatus), Elang Bondol (Haliaster Indus), Elang ular (Spilornis Chhela), dan Julang (Rhynoceros Undulatus).

Sumber: Tribunnews.com