Jokowi Ajak BRI Beri Kredit Pedagang Tanah Abang

by -8 views

blok-gGubernur DKI Jakarta Joko Widodo menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk menggagas kerja sama pembiayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Ia berencana mengembangkan Blok G Tanah Abang menjadi sentra UMKM dari berbagai daerah.

“Kami ingin Tanah Abang jadi sentra primernya UMKM dari seluruh Indonesia,” ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu seperti dikutip dari berita pers resmi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Senin, 2 September 2013.

Jokowi mengatakan pasar yang telah beroperasi sejak 1 September kemarin itu mampu menampung 968 kios. Untuk itu, kata dia, pasar tersebut membutuhkan rekan kerja sama untuk mengembangkan sektor tersebut. “Artinya, kegiatan ekspor ke berbagai segmen akan berlangsung di Pasar Blok G,” ujarnya.

Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali mengatakan BRI menyambut baik momentum tersebut. Kredit mikro BRI, kata dia, tumbuh sebesar 26,4 persen pada triwulan kedua 2013 atau senilai Rp 122,08 triliun. Untuk meningkatkan nilai penyaluran kredit, kata Ali, BRI akan menempatkan unit kerja terkecilnya yang menyasar pasar basah yakni Teras BRI. “Tujuannya mendukung perekonomian pedagang Blok G Tanah Abang,” ujar dia.

Ali optimistis `Teras BRI` mampu meningkatkan pertumbuhan kredit mikro apalagi rasio kredit bermasalah di sektor mikro hanya sebesar 0,46 persen. “Pertumbuhan kredit mikro ini juga akan dibarengi dengan peningkatan jumlah nasabah,” kata Ali.

– sumber: tempo.co –