Menikmati Kuliner Malam Pecenongan

by -6 views

kuliner-pecenonganJakarta memang dikenal memiliki banyak pusat kuliner. Siapa yang tak kenal dengan kuliner Jalan Sabang, Bendungan Hilir, Blok M, atau Pecenongan.

Wilayah yang disebutkan terakhir, bukanlah daerah yang asing untuk sebagian masyarakat Jakarta. Ya, Pecenongan telah ternama sebagai pusat kuliner sejak puluhan tahun silam, terutama kuliner malam.

Pedagang kuliner di Pecenongan, Purnomo mengatakan memang dari dulu tempat tersebut telah menjadi pusat kuliner malam. “Dari tahun 1970-an sudah ramai,” katanya.

Menurut Purnomo, kuliner malam di kawasan ini didominasi oleh warung-warung tenda yang membuka lapaknya mulai jam 5 sore hingga esok hari sekitar jam 3 atau 4 dini hari. Jadi bisa dibilang, semakin malam kawasan ini semakin hidup.

Dia mengatakan, banyak yang datang adalah turis asing yang singgah di Jakarta. Terutama pada masa lalu. “Bule-bule itu banyak sekali dulu, mulai 1980-an sudah mulai berkurang, tapi masih ada sih walau nggak terlalu banyak,” tuturnya.

Untuk jenis kuliner yang dijajakan, saat Kompas.com bertandang ke sana terlihat masakan laut adalah yang populer dijual. Salah satunya warung tenda “Seafood 88 Chinese Food”. Pada warung tenda ini disediakan olahan laut seperti kerang kepiting, udang dan cumi-cumi.

Coba saja salah satu menu andalan yakni Kerang dara rebus. Kerang dara rebus bentuknya kecil-kecil. Untuk menyantapnya dicungkil dengan menggunakan tusuk gigi karena daging kerang terselip diantara cangkangnya.

Bumbu yang membuat nikmat saat menyantap kerang ada pada sambal dengan rasa pedas manis. Selain kerang ada juga kepiting saus tiram. Saat menyantap kepiting siap-siap saja untuk mengeluarkan tenaga ekstra.

Namun hal demikian sudah lumrah. Memilah-milah daging kepiting di antara kerasnya kulit seperti menjadi perjuangan sendiri saat bersantap.

Tak lengkap jika bersantap tanpa adanya sayur. Lagi-lagi sayur yang disajikan ditambahkan dengan olahan hidangan laut. Kangkung Seafood berisi cumi-cumi yang dipotong besar-besar. Pun udang kecil sebagai pelengkap.

Apakah Anda cukup tertarik untuk berwisata kuliner malam di kawasan ini? Sepulang bekerja atau beraktifitas, tak ada salahnya untuk membelokkan kendaraan Anda menyantap hidangan laut di pusat kuliner ternama ini.

sumber: kompas.com