Olimpiade PAI SMA Alfa Centauri 2013

by -44 views
sekelompok group nasyid SMA Alfa Centauri ikut memeriahkan kegiatan Olimpiade PAI Alfa Centauri Bandung Jumat (13/9/2013).
Sekelompok group nasyid SMA Alfa Centauri ikut memeriahkan kegiatan Olimpiade PAI Alfa Centauri Bandung Jumat (13/9/2013).

SMA Alfa Centauri menggelar seleksi siswa berbakat bidang keagamaan

Bandung (Jabarmedia) – Dalam rangka menjalankan visi misi sekolah, Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( MGMP PAI) dan Tahfidz al-Qur’an SMA Alfa Centauri menggelar kegiatan seleksi siswa berbakat dalam bidang keagamaan melalui Olimpiade Pendidikan Agama Islam (PAI) Alfa Centauri Tahun 2013 di Jalan Cisangkuy No. 20 Bandung pada tanggal 13 s.d. 14 September 2013.

Selain mengembangkan sistem pembelajaran berbasis teknologi, kurikulum yang mengacu peraturan Dikti, sistem belajar di SMA Alfa Centauri ditambah muatan lokal dalam bidang keagamaan, seperti Tahfidz al-Quran dan lainnya.

Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) juga dilandasi dengan iman dan takwa (imtak) seperti tercermin dalam 3 misi SMA Alfa Centauri yang sangat strategis yaitu; Taqwa, Cerdas dan Kreatif.

Salah seorang guru bimbingan Alfa centauri, Aminah mengatakan, “kegiatan Olimpiade PAI ini dalam rangka mencari bibit-bibit unggul dari anak-anak didik kami dalam bidang kegamaan”, katanya.

Perlombaan Olimpiade PAI SMA Alfa Centauri ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI yang mendaftarkan diri ke panitia lomba. Mereka memilih jenis lomba yang akan diikutinya sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Antusiasme peserta didik SMA Alfa Centauri dalam mengikuti lomba terllihat dari kegigihan dan keseriusan mereka dalam mengikuti perlombaan untuk bersaing memenangkan perlombaan.

“Saya senang dapat mengikuti olimpiade ini karena dapat mengembangkan minat bakat kami dalam bidang agama”, ujar Farhan Rijal ditemani Aji Bagus salah seorang siswa Alfa Centauri yang mengikuti jenis perlombaan nasyid.

Adanya kegiatan semacam ini dapat memicu peserta didik untuk belajar agama khususnya al-Qur’an di sekolah. SMA Alfa Centauri sudah menerapkan pembelajaran tahfidz al-Qur’an kepada peserta didiknya saat sebelum pelajaran dimulai.

Pelajaran keagamaan yang diajarkan kepada peserta didik diajarkan oleh guru-guru PAI yang memang sudah berpengalaman, bahkan peserta didik mendapatkan pelajaran agama dari guru yang pernah belajar agama di universitas Timur Tengah seperti Al-Azhar Kairo Mesir.

Di bidang tahfidz al-Quran mereka dibimbing langsung oleh guru-guru SMA Alfa Centauri yang sudah hafal 30 juz al-Qur’an.

“Hafalan al-Qur’an itu dapat mendorong kecerdasan otak peserta didik, karena itu al-Qur’an sangat penting untuk tetap diajarkan di sekolah-sekolah”, ungkap Rahmat Baequni guru PAI SMA Alfa Centauri.

Tahun ini, SMA Alfa Centauri menggelar 6 jenis lomba bidang keagamaan, yaitu; tahfidz al-Qur’an, tahsin al-Qur’an, kaligrafi, cerdas cermat, khitobah/pidato dan nasyid. Setiap pemenang dari masing-masing jenis lomba akan dipilih yang terbaik untuk ditetapkan sebagai juara.

Rencananya panitia perlombaan akan memberikan bingkisan hadiah untuk setiap pemenang juara dalam jenis kategori lomba. “Kami akan mmberikan hadiah kepada mereka yang meraih juara 1, 2 dan 3”, kata Aminah disela-sela kesibukannya mengadakan perlombaan itu.

“Kami sudah mengantongi peserta yang bakal menjadi juara pada tiap-tiap kategori lomba, tapi kami belum mengumumkannya, paling tidak besok sudah ada keputusannya untuk juara 1, 2 dan 3 pada tiap-tiap kategori lomba, katanya.

Photo-photo Kegiatan Olimpiade PAI SMA Alfa Centauri 2013

menyaksikan nasyid
Beberapa siswa/i sedang menikmati pentas seni islami nasyid yang dipentaskan oleh siswa/i SMA Alfa Centauri pada acara Olimpiade PAI di kampus SMA Alfa Centauri Jl. Cisangkuy No. 20 Bandung, Jum’at (13/9/2013)
kaligrafi alfa
Seorang siswi SMA Alfa Centauri memperlihatkan kaligrafi hasil peserta kaligrafi siswa/i Alfa Centauri pada kegiatan Olimpiade PAI SMA Alfa Centauri di Jl. Cisangkuy No. 20 Bandung, Jum’at (13/9/2013)
perolehan suara cerdas cemat
seorang siswi dan dewan juri sedang menghitung nilai peroleh angka dari masing-masing regu dalam lomba cerdas cermat PAI pada kegiatan Olimpiade PAI SMA Alfa Centauri di Jl. Cisangkuy No 20 Bandung, Jum’at (13/9/2013)
kaligrafi
sejumlah siswa Alfa Centauri sedang mengikuti lomba kaligrafi pada kegiatan Olimpiade PAI SMA Alfa Centauri di Jl. Cisangkuy No 20 Bandung, Jum’at (13/9/2013)
salah seorang siswa SMA Alfa Centauri mengancungkan tangan saat hendak menjawab pertanyaan dewan juri dalam lomba cerdas cermat PAI di kampus SMA Alfa Centauri Jl. Cisangkuy No. 20 Bandung, Jum'at (13/9/2013)
Salah seorang siswa SMA Alfa Centauri mengancungkan tangan saat hendak menjawab pertanyaan dewan juri dalam lomba cerdas cermat PAI di kampus SMA Alfa Centauri Jl. Cisangkuy No. 20 Bandung, Jum’at (13/9/2013)
suasana cerdas cermat
tiap-tiap regu lomba cerdas cerat berebut kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari dewan juri pada acara Olimpiade PAI SMA Alfa Centauri di Jl. Cisangkuy No 20 Bandung, Jum’at (13/9/2013)
Seorang siswi mengacungkan tangan saat mengikuti lomba cerdas cermat dalam kegiatan Olimpiade PAI yang digelar panitia MGMP PAI Alfa Centauri Bandung di Jl. Cisangkuy No. 20 Bandung, Jum'at (13/9/2013)
Seorang siswi mengacungkan tangan saat mengikuti lomba cerdas cermat dalam kegiatan Olimpiade PAI yang digelar panitia MGMP PAI Alfa Centauri Bandung di Jl. Cisangkuy No. 20 Bandung, Jum’at (13/9/2013)