Ini Jadwal Matchday Kedua Liga Champions

by -3 views
Logo Liga Champions
Logo Liga Champions

Pertandingan Liga Champions kembali digelar Rabu dan Kamis dini hari WIB, beberapa laga sarat gengsi pun hadir. Dari 16 laga, perang bintang bakal terhampar setidaknya di dua arena. Duel ”de javu” juga bakal mewarnai matchday kedua kompetisi elite Eropa itu.

Perang raksasa setidaknya bakal tersaji di laga Grup F, Antara Arsenal dan Napoli, dan Manchester City vs Bayern Munich di Grup D.

Dini hari nanti, di grup H, Barca bakal melakoni laga sulit kala menghadapi tuan rumah Glasgow Celtic di Celtic Park. Sebab pada musim lalu, Barca harus pulang dengan tanpa hampa, setelah ditaklukan The Hoops-julukan Celtic- dengan skor 2-1.

Padahal secara statistik Barca tampil mendominasi dengan menghasilkan 14 tembakan selama pertandingan tersebut, namun hanya satu kali menjebol gawang Fraser Forster yang tampil apik pada malam tersebut.

Gol Barca saat itu tercipta melalui aksi Lionel Messi di menit-menit akhir. Namun sayangnya, pada pertandingan dini hari WIB nanti Blaugrana tak bisa didampingi oleh pemain berjuluk La Pulga, lantaran mengalami cedera pada saat menggebuk Almeria 2-0 dalam jornada ketujuh La Liga akhir pekan lalu.

Pelatih Gerardo ‘Tata’ Martino nampaknya harus putar otak demi bisa menutupi kekosongan yang ditinggalkan Messi. Alternatif utama adalah dengan menurunkan Neymar da Silva sejak dini. Apalagi di pertandingan La Liga terakhir, Neymar tak sama sekali menginjak rumput, alias tak diturunkan.

Kedua, Martino bisa saja menurunkan Cesc Fabregas menggantikan posisi Messi, terlebih mantan pemain Arsenal ini sering menjadi pengisi di saat Messi mengalami cedera. Fabregas pun mengakui jika dia siap dijadikan ‘false nine’.

Sedangkan di kubu tuan rumah, selain kenangan indah musim lalu saat mengalahkan Barca, tiga poin yang diraih di liga domestik akhir pekan lalu juga menjadi motivasi tersendiri Celtic saat menjamu raksasa Catalan. Di mana Celtic baru saja membantai tuan rumah Kilmarnock dengan skor 5-2.

Melipir ke grup G, ada dua tim favorit yang harus bentrok. Jawara Liga Portugal, FC Porto bakal menjamu raksasa La Liga, Atletico Madrid. Sama-sama melakukan langkah awal yang manis, tentu pada laga kedua ini mereka tak ingin menghentikan tren postitif satu sama lain.

Sebelumnya di pertandingan pertama Porto mengemas kemenangan 1-0 atas tuan rumah, Austria Wien, sementara Atletico tak kalah mentereng, pasukan Diego Simeone ini mampu menghabisi wakil Rusia, Zenit St. Petersburg dengan skor 3-1.

Lompat ke grup E, ada tuan rumah Steaua Bucharest yang akan menjamu Chelsea di Arena Nationala. Laga ini akan menjadi pembuktian, sejauh mana Jose Mourinho layak melatih The Blues. Pasalnya pada pertandingan pertama, pelatih berjuluk The Special One gagal melakukan debutnya dengan baik bersama Chelsea di Liga Champions dipermalukan FC Basel 1-2 di Stamford Bridge.

Belum lagi pada laga yang berlangsung di Arena Nationala kontra Steaua, The Blues mesti kehilangan Eden Hazard yang diumumkan tim, terkendala cedera yang belum bisa diidentifikasi saat menjalani sesi latihan. Kini kita hanya bisa menyaksikan, apakah di laga kedua ini, Mou bisa mempersembahkan kemenangan perdananya di ajang Liga Champions usai kembali melatih The Blues, atau bakal mempersulit langkah Chelsea di fase grup E ini.

Apalagi Steaua punya catatan bagus kala menjamu klub asal London Barat itu, di mana pada musim lalu di ajang Europa League, The Blues sempat takluk 1-0 lewat gol semata wayang Raul Rusescu melalui titik penalti. Meski di pertemuan kedua, Chelsea mampu membalas 3-1 atas jawara Rumania tersebut.

Turun ke grup F yang disebut grup neraka, di mana bakal menyajikan dua laga yang sama-sama tak kalah seru. Bermula dengan duel Borussia Dortmund dengan Olympique Marseille yang menjadi ajang balas dendam bagi Die Borussen.

Misi itu pun diusung oleh pelatih Jurgen Klopp terhadap runner up Ligue 1. Lantaran dalam dua pertemuan terakhir pada tahun 2011, Marseille berhasil menaklukkan finalis Liga Champions musim lalu, baik di laga kandang maupun tandang.

Sementara duel tak kalah seru juga tersaji di Emirates Stadium, antara tuan rumah Arsenal yang akan menjamu Napoli. Panggung ini bisa dikatakan duel reuni antara eks para pemain Real Madrid. Tercatat ada empat mantan pemain El Real yang akan bertanding dini hari nanti.

Mesut Ozil, pemain anyar nan penting yang dimiliki Arsene Wenger ini akan bertemu mantan rekannya saat di Santiago Bernabeu. Pemain internasional Jerman ini akan menghadapi Raul Albiol, José Callejón, dan Gonzalo Higuaín, dengan seragam Napoli. Bisa dibilang laga ini juga merupakan ajang pembuktian bagi mereka, bahwa empat punggawa ini masih layak berlaga di ajang sekaliber Liga Champions.

Keesokan harinya, pertandingan Liga Champions juga tak kalah pentingnya. Beberapa laga juga diiringi misi balas dendam. Terutama tersaji di laga Manchester City melawan Bayern Munich di Grup D.

Bertanding di Etihad Stadium, The Citizens ingin mengulang kesuksesan seperti dua musim silam, saat mengalahkan Bayern. Saat itu jawara Liga Champions musim lalu itu berhasil ditekuk 2-0. Sekaligus membalas kekalahan di leg pertama dengan skor yang sama.

Laga ‘de javu’ ini juga diprediksi bakal berimbang, pasalnya start kedua tim berjalan mulus. City mampu mempermalukan tuan rumah Viktoria Plzen dengan skor 3-0, sementara Bayern tak mau kalah, CSKA Moskow mereka bantai tiga gol tanpa balas. Alhasil kini kedua tim beda negara ini memiliki poin yang sama dan bertengger di papan ats grup D.

Duel yang patut ditunggu juga terjadi di grup B, antara Juventus melawan Galatasaray. Sorotan mata pun tertuju pada arsitek anyar The Aslan -julukan Galatasaray-, yaitu Roberto Mancini.

Sekembalinya menukangi klub, usai dipecat Manchester City menjelang musim lalu berakhir, Mancini justru harus berhadapan dengan wakil Serie A, yang memang tidak asing bagi seorang pelatih berusia 48 tahun.

Tentu kemenangan bakal ditargetkan pelatih yang biasa dipanggil Mancio tersebut. Sekaligus menjadi pembuktian bahwa manajemen Galatasaray tak salah menunjuknya sebagai suksesor Fatih Terim.

Selain Mancini, allenatore Juve, Antonio Conte juga mencanangkan tiga poin di laga kandangnya ini. Pasalnya kemenangan juga menjadi target utama, setelah Bianconeri hanya bisa bermain 1-1 oleh wakil Denmark, Copenhagen di matchday pembuka lalu.

Sementara Manchester United juga bakal melakoni laga sengit, saat melawat ke markas Shakhtar Donetsk. Setan Merah harus waspada meski meraih hasil positif di laga perdana lalu, pasalnya wakil Ukraina itu juga mengemas kemenangan saat bersua Real Sociedad.

Tak tanggung-tanggung, wakil Spanyol itu berhasil mereka permalukan dengan skor 2-0 di Anoeta. Sementara United baru saja menelan kekalahan atas West Bromwich Albion, yang juga merupakan kekalahan perdana di Old Trafford pada musim ini.

Tentu target menang atas Donestk bakal diusung David Moyes, demi bisa menjawab keraguan publik Manchester.

Jadwal Matchday Kedua Liga Champions Rabu (2/10/2013) dini hari WIB:

FC Basel                         01 : 45     Schalke 04

Steaua Bucharest       01 : 45     Chelsea FC

Borussia Dortmund   01 : 45     Olympique de Marseilla

Arsenal FC                     01 : 45     Napoli

FC Porto                          01 : 45    Atlético Madrid

Ajax Amsterdam          01 : 45   AC Milan

Celtic                                 01 : 45    Barcelona

CSKA Moskow                23 : 00   FC Viktoria Plzen

Jadwal Matchday Kedua Liga Champions Kamis (3/10/2013) dini hari WIB:

Shakhtar Donetsk          01 : 45   Manchester United

Bayer Leverkusen          01 : 45   Real Sociedad

Juventus                            01 : 45   Galatasaray

Real Madrid                      01 : 45   FC Copenhagen

Paris Saint-Germain      01 : 45   Benfica

Anderlecht                        01 : 45   Olympiakos Piraeus

Manchester City              01 : 45   Bayern Munich

*Pertandingan dimulai Waktu Indonesia Barat

Sumber: Okezone.com