Mata Air di Baksil Tak Pernah Kering meski Kemarau

by -1 views
Mata air yang tersisa di Babakan Siliwangi (Foto: Okezone)
Mata air yang tersisa di Babakan Siliwangi (Foto: Okezone)

Bagi Anda yang tinggal di Kota Bandung, mungkin nama Babakan Siliwangi cukup familiar. Babakan Siliwangi atau lebih dikenal dengan sebutan Baksil merupakan salah satu hutan kota yang masih ada di Kota Bandung.

Tapi, tahukah Anda jika di Baksil masih ada mata air alami? Bahkan, mata air itu tidak pernah kering meski Bandung dilanda musim kemarau.

Di salah satu sudut di Babakan Siliwangi, Anda akan menemukan satu mata air. Meski berukuran kecil dan keluar dari pipa, air itu tak pernah surut. Dari waktu ke waktu, volume air yang keluar selalu sama.

“Mata air di Baksil ini mengalir terus. Kalau kemarau juga enggak pernah kering,” kata Camat Coblong, Anton Sugiana.

Mata air itu mengalir ke dalam sebuah bak berukuran sekira 1×0,5 meter persegi. Dari bak itu, air mengalir ke sebuah kolam dan diteruskan ke sungai kecil di sekitar lokasi.

Selama ini, mata air di sana sering digunakan warga setemat untuk wudhu atau mandi. “Tapi kalau untuk dikonsumsi, biar lebih aman sebaiknya memang dimasak lagi,” jelasnya.

Menurutnya, jumlah mata air di Baksil sebelumnya cukup banyak. Total ada delapan mata air yang tersebar di berbagai titik. “Tapi sudah pada ketimbun tanah, airnya sudah enggak keluar lagi. Yang keluar airnya cuma satu,” ungkapnya.

Pemerintah setempat berusaha menjaga mata air itu agar tetap mengalir. Bahkan, rencananya mata air itu akan dijadikan situs mata air puseur Bandung.

“Dalam musrenbang tahun ini kami sudah mengusulkan itu. Tujuannya, agar mata air itu bisa ditata lebih baik, biar lebih terawat dan bagus kelihatannya,” tuturnya.

Sementara di Baksil, selain bisa menikmati kesegaran mata air, Anda bisa merasakan suasana sejuk hutan. Jika sedang penat, Baksil bisa jadi tempat yang pas untuk sekadar rehat. Di sekitar area Baksil juga sering dipakai warga untuk berolahraga.

Dan untuk masuk ke Baksil, Anda tidak perlu merogoh kocek. Bagi yang membawa kendaraan, Anda hanya akan mengeluarkan biaya parkir.

Sumber: okezone.com