Ada Retakan di Atas, TPA Cibeureum Rawan Longsor Susulan

by -13 views

120214tpa_banjarPembersihan material sampah yang memutus akses jalan, akibat longsornya Tempat Pembuangan Sampah Akhir Cibeureum, Kecamatan/Kota Banjar, terus dikebut. Dikhawatirkan apabila turun hujan, bakal terjadi longsor susulan, karena ada retakan di beberapa bagian di bagian puncak timbunan sampah yang berupa tebing tinggi.

Pantauan “PRLM” di TPA Cibeureum yang terletak di Dusun Babakan, Rabu (12/2/ 2014) petugas TPA masih sibuk menyingkirkan timbunan material sampah yang memutus akses jalan antara Desa Cibeureum dengan Jajawar.

Masih banyak sampah yang belum disingkirkan, menyebabkan akses jalan tersebut masih belum bisa dilewati kendaraan.

Sementara itu beberapa perangkat Desa yang dipimpin kepala Desa Cibeureum Yayan Sukirlan bersama dengan petugas TPA melakukan pengukuran luas sawah yang tertimbun sampah, serta persawahan lain di sekitar yang terkena dampak akibat kejadian tersebut.

Pengukuran kerusakan itu untuk menentukan ganti rugi bagi pemilik sawah yang tertimbun maupun yang terkena dampak akibat longsornya TPA Cibeureum.

Seperti diketahui TPA Cibeureum longsor pada hari Sabtu (8/2/2014) sekitar pukul 17.45 . Kejadian yang berlangsung usai turun hujan lebat, nyaris membawa korban jiwa petugas TPA.

Saat itu lima petugas tengah membersihkan saluran air di sekitar tembok keliling TPA yang juga hancur. Mereka berhasil lari menyelamatkan diri, sebelum timbunan sampah langsung menimbun lokasi yang sedang dibersihkan. (pikiran-rakyat.com)